Peraih Medali Asal India Ini Seorang Penjaga Karcis Stasiun

Rabu, 29 Agustus 2018 13:48 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© AP
Neena Varakil menyumbangkan medali perak untuk India melalui cabor lompat jauh Asian Games 2018 Copyright: © AP
Neena Varakil menyumbangkan medali perak untuk India melalui cabor lompat jauh Asian Games 2018

INDOSPORT.COM - Atlet peraih medali perak Asian Games 2018 cabor lompat jauh putri, Neena Varakil, dalam kesehariannya bekerja sebagai penjaga karcis di Stasiun Rajkot, India.

Varakil berhasil melompat sejauh 6,50 meter dan memastikan tempat kedua di belakang pelompat Vietnam, Bui Thi Thu Thao, yang mencatat jarak 6,55 meter.

Dahulu, banyak calon penumpang kereta yang tidak mengenalnya. Mereka mungkin tidak menyangka bahwa petugas yang setiap hari memeriksa karcis mereka suatu saat nanti akan menjadi salah satu pahlawan negara dengan medali perak Asian Games 2018 di dadanya.

Varakil mengatakan bahwa dirinya tetap tekun berlatih meski harus pintar-pintar mengatur jadwalnya. Ia harus mampu menyesuaikan waktu latihannya yang tidak sebentar dengan jam kerjanya di stasiun. Setelah melalui perjuangan tekun, Varakil mengaku senang semua usahanya terbayarkan.

“Saya ditugaskan di dalam stasiun dan bukan di dalam kereta yang beroperasi karena saya harus berlatih tujuh jam sehari. Saya berlatih di area Loco Colony di dekat rel kereta di Rajkot,” kata Varakil kepada Times of India.

Dukungan yang diberikan pihak stasiun tersebut pun tidak sia-sia. Kebahagiaan meraih medali Asian Games 2018 juga dirasakan manajer stasiun, PB Ninave, dan seluruh rekan kerja Varakil.

“Kami sangat bangga dengan pencapaian Neena. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin memberikan dukungan kami kepadanya untuk terus berlatih,” ucap Ninave.

Setelah bekerja di Stasiun Rajkot selama kurang lebih enam tahun, kini Varakil berencana pulang ke kampung halamannya, Kerala, dan menghabiskan waktu bersama keluarganya. Kerala yang baru-baru ini dilanda banjir besar membuat Varakil sedih tapi untung saja hal tersebut tidak memengaruhi penampilannya di Asian Games 2018.

“Saya sakit sekali melihat penderitaan penduduk di kampung saya tetapi saya pastinya tidak membiarkannya mengganggu penampilan saya,” pungkasnya.

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT.