Ayah Peraih Medali Emas Asian Games 2018 Ini Sempat Gadaikan Tanah demi Karier Anaknya

Jumat, 31 Agustus 2018 13:39 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Arpinder Singh, peraih medali emasi lompat jauh Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT
Arpinder Singh, peraih medali emasi lompat jauh Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Keberhasilan atlet peraih medali emas Asian Games 2018 asal India, Arpinder Singh, tidak lepas dari jasa sang ayah. Singh berhasil meraih tempat teratas dalam cabor triple jump dengan mencatatkan rekor 16,77 meter.

Di balik kesuksesan Singh saat ini, ada peran sang ayah, Jagbir Singh, yang terpaksa menggadaikan tanah milik keluarga mereka demi mendapatkan biaya anaknya berlatih atletik untuk tampil di Asian Games 2018.

Pasalnya, Jagbir Singh yang merupakan pensiunan tentara India tidak memiliki cukup biaya lantaran hanya bergantung pada uang santunan pensiunnya.

“Sebelum Arpinder mendapatkan medali perunggu di ajang Commonwealth Games 2014, keluarga kami masih mengalami masalah finansial. Untuk makan tiga kali sehari saja tidak memungkinkan,” kata sang ayah seperti dikutip dari thebetterindia.com.

“Untuk dapat mengirim Arpinder ke pelatihan, kami harus menghabiskan banyak uang. Saya memiliki 1,5 hektare tanah dan saya menggadaikannya kepada penggadai yang meminjamkan saya uang,” tambahnya.

Tidak hanya itu, keluarga Singh harus berhadapan dengan tagihan utang yang menumpuk. Seiring berjalannya waktu, keadaan semakin membaik.

© PTI
Arpinder Singh meraih medali emas Asian Games 2018 melalui cabor triple jump Copyright: PTIArpinder Singh meraih medali emas Asian Games 2018 melalui cabor triple jump

Melihat kondisi keluarganya yang sempat sengsara, Singh pun benar-benar memastikan bahwa orang tuanya sudah tidak memiliki tanggungan lagi setelah tanah mereka berhasil ditebus dan utang telah dilunasi.

“Utang saya mencapai 5 lakh (500.000 rupee atau sekitar Rp103 juta). Situasi di rumah kami begitu tegang dan kami tidak tahu bagaimana masa depan kami nantinya. Baru ketika Arpinder menjuarai Commonwealth Games tersebut kami berhasil menebus tanah kami kembali. Anak saya juga memastikan bahwa saya sudah tidak memiliki beban utang lagi,” kenangnya.

Ayah Singh juga memuji putranya tersebut sebagai sosok pekerja keras. Ketika kecil, Singh selalu bangun pukul lima pagi dan berlari sejauh 5 km untuk menjaga stamina tubuhnya. Hal tersebut tentu tidak lepas dari didikan sang ayah yang dahulu berprofesi sebagai tentara.

Bonus untuk Atlet Peraih Medali Emas Akan Segera Cair

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT