x

Deretan Aksi Kontroversial McGregor Sebelum Pensiun dari UFC

Minggu, 7 Juni 2020 18:19 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Terbaru pensiun, Connor McGregor memiliki segudang kontroversi sepanjang bergulirnya UFC.

INDOSPORT.COM - Dunia Mixed Martial Arts (MMA) dikejutkan dengan pernyataan langsung Conor McGregor yang nyatakan pensiun pada hari ini, Minggu (07/06/20). Termasuk itu, petarung UFC asal Irlandia ini memiliki deretan aksi kontroversial.

McGregor termasuk salah satu petarung MMA yang cukup ditakuti dalam berbagai divisi berbeda yakni kelas bulu, ringan, dan welter. Memiliki rekor mutlak 22 kali menang dan empat kali kalah, membuktikan kehebatannya di Octagon Arena.

Baca Juga
Baca Juga

Sayang meski memiliki prestasi mumpuni dalam olahraga baku hantam ini, McGregor juga dikenal sebagai sosok yang gemar mengumbar kontroversi untuk meningkatkan pamornya dalam dunia olahraga.

Beberapa di antaranya seperti aksi kekerasan kala lakukan pencurian telepon genggam seorang pria dan membantingnya ke tanah hingga harus berurusan dengan polisi pada 11 Maret 2019 lalu. Selain itu, aksi sombong McGregor juga ditunjukkan kala lakukan aksi kekerasan hingga berujung denda 1000 euro (Rp15 juta).

Selain itu, petarung MMA berusia 31 tahun ini juga sempat dituding lakukan aksi perselingkuhan dengan seorang wanita setelah skandal video seksnya beredar luas.

Serangkaian hal tersebut nyatanya hanya segelitir saja. Portal berita INDOSPORT merangkum ada empat aksi kontroversial McGregor yang bakal terus diingat.

Baca Juga
Baca Juga

1. Serang bus para petarung UFC lain

Pada gelaran konferensi pers UFC 223 di New York, Amerika Serikat, 2018 lalu, McGregor melakukan aksi yang cukup membuat publik tak percaya. Bagaimana tidak? Acara ini jadi kacau balau karena amukan sang petarung.

Saat bus berjalan pelan memasuki area Barclay Center, McGregor melempar berbagai benda keras yang menyebabkan beberapa petarung alami cedera. Salah satu korbannya ialah Michael Chiesa yang alami cedera akibat pecahan serpihan kaca mengenai wajahnya.

Terbukti bersalah, dirinya dengan 20 orang koleganya sempat disidang tapi justru bebas setelah membayar 50 ribu dolar (Rp700 juta). Penyebab amukan ini berdasarkan motif balas dendam ke Khabib Nurmagomedov yang berselisih paham dengan sahabat McGregor, Artem Lobov.


1. 2. Tantang Floyd Mayweather tinju

Conor McGregor dan Floyd Mayweather saat lakukan konferensi pers.

Sempat menangkan kejuaraan kelas ringan pada turnamen UFC 205, McGregor sempat putuskan rehat sejenak dengan dalih kelahiran anak pertama dari sang pacar, Dee Devlin pada 2017 silam. Meski begitu, dirinya malah mencoba menantang Floyd Mayweather untuk adu tinju dengan ucapan rasis.

Petarung berjulukan The Notorious merasa yakin bisa habisi mantan juara atlet tinju yang punya rekor bersih 50 kali menang. Setelah berbagai negosiasi alot, akhirnya duel tersebut terwujud di T-Mobile Arena, Nevada.

Merasa besar kepala, McGregor malah menanggung malu kala Mayweather hancurkan sang petarung MMA tanpa ampun. dan takluk secara TKO. Duel yang belansung selama 1 menit 5 detik hingga ronde 10 ini menjadi salah satu laga besar bagi para penikmat olahraga yang penasaran akan hasilnya.

3. Serang rekan-rekan Khabib Nurmagomedov

McGregor yang muak dengan Khabib sempat menghina ayah lawan mainnya di UFC. Akan tetapi, keinginannya untuk memancing emosi petarung muslim asal Rusia itu gagal karena Abdulmanap memilih memaafkan aksi penghinaan itu.

Pada gelaran UFC 229, sempat terjadi tensi memana kala McGregor menyerang Abubakar Nurmagomedov yang juga dikenal sepupu Khabib setelah rekan latihannya Dillon Danis diserang.

Kedua petarung MMA ini pun mendapat gajaran berupa denda yang tidak sedikit. Pada perebutan titel juara kelas ringan Oktober 2018 lalu, Khabib sukses habisi McGregor setelah dikalahkan lewat submission kuncian leher.

4. PHP putuskan pensiun

McGregor telah putuskan untuk pensiun tepat hari ini, meski terdengar biasa ini sudah merupakan kali ketiganya ucapkan hal tersebut. Pada kenyataannya sang petarung ini tak bisa memegang kata-kata dan malah kembali putuskan untuk melakoni laga tanding UFC.

Pada 2016 silam, McGregor sempat umumkan pensiun lewat akun Facebook resmi karena alasan pusing lakukan negosiasi lawan Nate Diaz pada gelaran UFC 200. Hanya berselang dua hari, dirinya lantas nyatakan diri kembali.

Takluk atas Khabib buatnya kembali ucapkan kata terlarang pada 26 Maret 2019 lalu, tapi tidak berselang lama McGregor malah kembali dan sempat buat Donald Cerrone babak belur dalam waktu 40 detik. Mengingat ucapannya hanya sebatas omong kosong belaka, bukan tidak mungkin 'Si Jahat' ini malah akan tetap kembali lagi. 

Floyd MayweatherFloyd Mayweather JrUltimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)Conor McGregorTinjuTRIVIAKhabib NurmagomedovConor McGregor Pensiun

Berita Terkini