x

Siap Geser Khabib Numagomedov, Pamor Islam Makhachev Terus Menanjak

Minggu, 14 Maret 2021 12:48 WIB
Editor: Juni Adi

INDOSPORT.COM - Nama Islam Makhachev dalam dunia UFC tengah menjadi sorotan, lantaran pamornya sebagai petarung di olahraga seni bela diri campuran tersebut terus meroket.

Terbaru, Islam Makhachev membuktikan kehebatannya di UFC 259 akhir pekan lalu melawan Drew Dober. Dirinya menang submission dengan teknik arm triangle choke di ronde ke-3.

Kemenangan tersebut menambah catatan tak terkalahkan Islam dalam tujuh laga terakhirnya secara beruntun. 

Baca Juga

Prestasi tersebut membuat mantan juara dunia UFC, Daniel Cormier tak ragu menyebut Islam sebagai petarung paling berbahaya di kelas ringan.

"Islam Makhachev menunjukkan mengapa dia petarung paling berbahaya di divisi tersebut. Orang tidak ingin melawannya," ujar Cormier kepada ESPN dikutip dari RT.

Banyak pihak menyebut Islam Makhachev lebih mirip dengan Khabib Nurmagomedov. Selain sama-sama berasal dari Dagestan dan tampil di kelas ringan, gaya bertarung Islam saat melawan Dober juga serupa dengan Khabib.

Kemiripan itu bisa dimaklumi lantaran Islam dilatih langsung oleh Khabib. Salah satu yang membuat Islam Makhachev berbeda dengan dengan Khabib adalah catatan terkalahkan. 

Baca Juga

Dalam 19 karier bertarung di UFC dan MMA, Islam menelan satu kekalahan KO dari Adriano Martins di UFC 192.

"Gaya dan kehebatan fisiknya berbicara sendiri. Tidak ada yang mau berada di octagon untuk melawannya," ucap Cormier menambahkan.


1. Suksesor Khabib Nurmagomedov

Petarung UFC Khabib Nurmagomedov (MMA).

Islam Makhachev berpeluang menggeser pamor Khabib Nurmagomedov di panggung UFC. Sebab, petarung yang pernah mengalahkan Conor McGregor itu sudah tidak eksis lagi di atas octagon, karena telah menyatakan pensiun.

Sejak menyatakan pensiun pada Oktober 2020 usai mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254, Khabib memilih menjadi pelatih petarung-petarung asal Dagestan.

Sebelum mendampingi Islam Makhachev di UFC 259, Khabib Nurmagomedov juga terlihat di sudut Umar Nurmagomedov saat melawan Sergey Morozov di UFC Fight Night 8.

Baca Juga

Lantas andai Khabib masih aktif menjadi petarung dan bertemu dengan muridnya itu, siapa yang akan menang?

Dalam sebuah kesempatan, Khabib dan Islam pernah melakukan pertarungan sparring yang merupakan program latihannya.

Sesi sparring biasanya terdiri dari beberapa ronde seperti halnya sebuah pertandingan. Hanya saja, Khabib masih sangat sulit untuk dikalahkan meski sudah tidak menjadi petarung profesional.

Makhachev hanya mampu memenangkan salah satu ronde melawan Khabib dan tetap kalah secara keseluruhan.

Hal itu diungkap oleh pelatih Khabib Nurmagomedov, Javier Mendez. Meski demikian, Mendez menilai catatan tersebut sudah merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa.

"Dengar, saya selalu mengatakan bahwa Khabib tidak pernah kalah dalam sesi sparring sepanjang sejarah ia berlatih bersama saya. Namun saya pernah mengatakan bahwa Khabib pernah kalah dalam ronde di beberapa kesempatan."

Baca Juga

"Satu hal yang tidak pernah saya katakan adalah siapa yang mampu mencuri ronde tersebut. Orang itu adalah Islam Makhachev."

"Dia adalah satu-satunya orang yang pernah menang ronde melawan Khabib. Dia adalah satu-satunya orang yang pernah melakukannya," ucap Mendez seperti dikutip dari talksport.

"Tidak ada satu pun yang bisa mencuri ronde dari Khabib selama sembilan tahun ia bersama saya. Tidak perah. Jadi bila Islam bisa mencuri sejumlah ronde, seberapa bagus Islam?" tutur Mendez.

Ultimate Fighting Championship (UFC)Khabib NurmagomedovIslam Makhachev

Berita Terkini