x

Mengenal Kuncian Anaconda Petarung MMA Indonesia, Nyaris Bikin Lawannya Pingsan di ONE Championship

Rabu, 31 Agustus 2022 23:24 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
Petarung MMA Indonesia, Elipitua Siregar pernah membuat lawannya nyaris pingsan usai mengerahkan kuncian Anaconda yang mematikan di ONE Championship.

INDOSPORT.COM – Petarung MMA Indonesia, Elipitua Siregar pernah membuat lawannya nyaris pingsan usai mengerahkan kuncian Anaconda yang mematikan di ONE Championship.

Elipitua Siregar menjadi salah satu petarung hebat yang dimiliki oleh Indonesia, dan sempat menjadi sorotan berkat kemampuan ciamiknya.

Baca Juga

Yakni saat itu Elipitua tampil melawan jagoan asal Filipina, Robin Catalan di ajang ONE Championship: ONE 157 yang berlangsung pada 20 Mei 2022 lalu.

Petarung berdarah batak tersebut memang sejak ronde pertama mampu tampil apik dan juga dominan sejak awal.

Elipitua yang memang jago di duel ground fighting dengan permainan gulatnya berhasil membuat Robin Catalan bermain dengan pertarungan bawah.

Baca Juga

Berkat kecerdikan dan kelincahannya, petarung MMA Indonesia itu pun sukses membelit veteran dari Filipina yang sempat terkejut dengan serangan tak terduga.

Yakni Elipitua Siregar melancarkan serangan berupa kuncian Anaconda Choke yang membuat Catalan kesulitan melawan.

Catalan sendiri sempat bertahan karena meyakini bisa lepas dari jeratan sang lawan. Namun prediksi tersebut meleset hingga akhirnya ia melakukan tap out atau sebagai tanda dirinya menyerah pada menit 2:58 di ronde pembuka.

Baca Juga

Alhasil Elipitua pun sukses menang cepat atas Robil Catalan lewat keputusan submission (Anaconda choke) pada ronde pertama ONE 157.

Kuncian Anaconda choke yang dilakukan oleh Elipitua Siregar sendiri merupakan salah satu teknik berbahaya di ajang bela diri. Berikut ulasan singkatnya.


1. Kuncian Anaconda Salah Satu Teknik Berbahaya dalam Bela Diri

Elipitua Siregar, petarung ONE Champions

Sesuai dengan namanya, Anaconda choke cara kerjanya mirip dengan Anaconda, sejenis ular yang tidak berbisa namun sangat kuat dan bahkan bisa mematahkan tulang.

Melansir dari Low Kick MMA, sejak di perkenalkan di Brasilian Jiu Jitsu (BJJ), Anaconda choke menjadi salah satu kuncian headlock yang paling efektif.

Baca Juga

Anaconda Choke ditemukan pada awal 2000-an oleh seorang petarung asal Brasil yakni Milton Viera, selaku pemegang sabuk hitam BJJ sekaligus veteran UFC yang telah berjuang selama kurang lebih dua dekade.

Sejak menemukan kunciak tersebut, Anaconda choke menjadi salah satu teknik yang harus diketahui dalam olahraga Jiu Jitsu.

Untuk cara kerjanya ialah Anaconda choke bekerja seperti arm triangle choke. Yakni kedua lengan anda harus saling mengait di bagian leher rival.

Kuncian ini dijuluki Anaconda choke karena cara kerjanya sama seperti saat ular anaconda mencekik mangsanya.

Selain itu kuncian ini juga memiliki tekanan berat dan sangat efektif menghentikan aliran darah melalui pembuluh nadi arteri di kepala sehingga bisa membuat pingsan atau bahkan hal fatal.

Baca Juga

Meski demikian, kuncian ini tak selalu digunakan atau menjadi jurus umum dalam arena pertarungan.

Sebab, hanya seorang grappler yang memiliki kemampuan tinggi untuk mengunci kepala dan lengan lawan melalui genggaman bernama figure-four grip, lalu mengendalikan kaki lawan supaya tidak berkutik.

Selain Anaconda choke, terdapat kuncian mematikan salah satunya ialah Triangle choke yang menjadi tekni andalan Khabib Nurmagomedov.


2. Mengenal Triangle Choke yang Pernah Digunakan Khabib

Pertarungan Justin Gaethje saat menendang Khabib Nurmagomedov dalam gelar UFC di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Khabib Nurmagomedov sukses buah Justin Gaethje langsung nyerah lewat kuncian mematikan triangle choke di UFC 254.

Khabib dikenal sebagai petarung yang memiliki kehebatan dalam segi ground fighting atau pertarungan bawah.

Sebagian besar kemenangannya berasal melalui submission berkat kecerdikannya dalam melakukan teknik kuncian mematikan.

Baca selengkapnya: Mengenal Kuncian Mematikan Khabib yang Buat Justin Gaethje Langsung Nyerah di UFC 254

Mixed Martial Arts (MMA)One ChampionshipBerita MMAElipitua Siregar

Berita Terkini