x

Jelang UFC 280: Islam Makhachev Curhat Soal Ngawurnya Khabib Nurmagomedov Jadi Pelatih

Kamis, 20 Oktober 2022 19:39 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Isman Fadil
Legenda UFC, Khabib Nurmagomedov.

INDOSPORT.COM - Jelang tampil di UFC 280, Islam Makhachev curhat perihal ngawurnya Khabib Nurmagomedov jadi seorang pelatih MMA.

Tinggal tiga hari lagi, Islam Makhachev akan bentrok dengan Charles Oliveira dalam gelaran UFC 280, Minggu (23/10/2022) dini hari WIB.

Demi mempersiapkan pertarungan terbesar sepanjang kariernya di UFC, seperti biasa Islam Makhachev melakukan persiapan dengan berlatih didampingi mantan juara kelas ringan UFC, Khabib Nurmagomedov.

Baca Juga

Seorang mantan juara yang kini beralih profesi sebagai pelatih, tangan dingin Khabib terbukti tokcer dalam meningkatkan performa petarung-petarung Dagestan yang dimentorinya.

Salah satu bukti sukses petarung yang dilatih Khabib terlihat pada Islam Makhachev dan Usman Nurmagomedov yang mana keduanya tinggal selangkah jadi juara UFC dan Bellator.

Mencapai prestasi sehebat itu, dipastikan pelatihan ala Khabib Nurmagomedov tidak berjalan mudah dan dipastikan sangat sulit.

Baca Juga

Pasalnya Khabib Nurmagomedov dulunya dilatih oleh mendiang Abdulmanap Nurmagomedov dengan cara yang sulit bahkan terbilang ekstrem, yakni melatihnya dengan bertarung melawan beruang.

Meski latihan yang diberikan menunjukan hasil yang positif, ternyata latihan ala Khabib juga tidak selalu menunjukan hal yang bagus.

Menariknya, sosok yang mengungkapkan bahwa pelatihan ala Khabib tidak selalu menunjukan hal bagus malah datang dari Islam Makhachev.

Baca Juga

Menurut Islam, Khabib memiliki satu titik di mana cara melatihnya dianggap ngawur dan terkesan berlebihan untuk diberikan kepada murid-muridnya.


1. Makhachev Curhat Latihan Khabib Nurmagomedov Ngawur

Islam Makhachev

Apa yang dimaksud Islam Makhachev adalah berkaitan dengan beban latihan yang diberikan Khabib kepada muridnya terkesan ngawur.

Akan tetapi hal tersebut sebelumnya sedikit termaafkan ketika Khabib sembari memberikan ilmunya, dirinya juga ikut berlatih dengan para rekan-rekan seperguruannya. Namun sekarang, Khabib semenjak pensiun tidak pernah ikut latihan dengan intensitas yang sama ketika dia masih aktif bertarung.

Baca Juga

"Terkadang, saya marah karena dia tidak berlatih sekarang dan mendorong kami begitu keras," kata Islam Makhachev dilansir dari Sportskeeda.

"Saya memberitahu pelatih lain 'Hey, orang ini tidak terkontrol' karena jika kami melakukan latih tanding atau bergulat." 

"Saya mengingat ketika kami berlatih kami melakukan latih tanding, bergulat dan kemudian berakhir (latihannya)... tetapi selalu dia memberikan beberapa latihan tambahan," ujar Makhachev.

Baca Juga

Ketika Islam Makhachev ditanya apakah Khabib Nurmagomedov pelatih yang lebih keras daripada mendiang ayahnya, dia menjawab Khabib lebih keras.

Tetapi Makhachev memiliki alasan kenapa Khabib lebih keras, karena menurutnya The Eagle belum memiliki banyak pengalaman sebagai seorang pelatih.

"Ya, saya pikir begitu karena dia tidak memiliki banyak pengalaman sebagai seorang pelatih, tetapi dia mendorong kami begitu keras."

Baca Juga

"Contohnya, kamp pelatihan kali ini, hanya pada minggu ini saya menjalani latihan ringan, tetapi beberapa bulan sebelumnya, begitu sulit," pungkas Islam Makhachev menambahkan.

Kendati mengeluhkan latihan Khabib yang begitu berat, Islam Makhachev dan rekan-rekan seperguruannya tetap melanjutkan latihan kerasnya.

Terbukti latihan keras tersebut mengantarkan para petarung-petarung Dagestan ini meraih hasil maksimal di kompetisi MMA masing-masing terutama untuk Islam Makhachev dan Usman Nurmagomedov.

Ultimate Fighting Championship (UFC)Khabib NurmagomedovBellator MMAUsman NurmagomedovIslam MakhachevCharles Oliveira

Berita Terkini