x

Jelang UFC 280: Jadi Juara Baru Kelas Ringan, Islam Makhachev Bakal Lampaui Khabib dalam Hal Ini

Kamis, 20 Oktober 2022 21:30 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Isman Fadil
Islam Makhachev

INDOSPORT.COM - Petarung kelas ringan UFC, Islam Makhachev, berniat mengungguli Khabib Nurmagomedov dalam hal ini jika berhasil menang di UFC 280.

Tiga hari lagi, Islam Makhachev akan menjalani pertarungan terbesar dalam sepanjang kariernya di UFC 280, Minggu (23/10/2022) dini hari WIB, di Etihad Arena, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Di laga tersebut, Islam Makhachev akan bentrok dengan Charles Oliveira untuk memperebutkan sabuk juara kelas ringan UFC yang lowong.

Baca Juga

Selangkah lagi menjadi juara kelas ringan, sosok Islam Makhachev hingga saat ini masih belum lepas dari bayang-bayang rekan seperguruannya, Khabib Nurmagomedov.

Seperti yang kita ketahui, Khabib Nurmagomedov merupakan teman kecil dari Islam Makhachev dan dipanggung UFC sudah mencetak rekor luar biasa sebagai mantan juara kelas ringan.

Dalam kariernya sebagai petarung, Khabib Nurmagomedov berhasil menang 29 kali tanpa kalah sekalipun dan jelas itu rekor yang sulit untuk ditandingi.

Baca Juga

Sayangnya Khabib memutuskan untuk pensiun dari UFC dengan rekor 29 kemenangannya karena meninggalnya sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov.

Setelah memutuskan pensiun, Khabib mengatakan bahwa Islam Makhachev merupakan murid terbaik yang pernah dilatih ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov.

Oleh sebab itu, nama Islam Makhachev selalu dianggap menjadi penerus Khabib Nurmagomedov di kelas ringan UFC apalagi jika dirinya berhasil menjadi juara pada akhir pekan nanti.

Baca Juga

Islam Makhachev sendiri tidak menolak anggapan tersebut, tetapi dirinya menegaskan memiliki jalan yang berbeda dan ingin melampaui pencapaian milik Khabib Nurmagomedov.


1. Rencana Islam Makhachev Lampaui Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov

Islam Makhachev sendiri memiliki rencana tersendiri untuk melampaui Khabib Nurmagomedov sebagai jawara baru di kelas ringan jika menang di UFC 280.

Makhachev akan melakukan dua hal yang mustahil dilakukan Khabib Nurmagomedov saat menjadi juara kelas ringan, yakni lebih banyak melakoni laga mempertahankan gelar dan mencoba bertanding di luar divisi kelas ringan UFC.

Baca Juga

"Saya ingin melakukan laga mempertahankan gelar lebih banyak dan melompat ke divisi lainnya," ucap Islam Makhachev

Seperti yang kita ketahui, Khabib Nurmagomedov sendiri tercatat hanya menjalani tiga pertandingan untuk mempertahankan gelar juara kelas ringan sebelum memutuskan untuk pensiun.

Di rentan waktu itu juga, Khabib belum pernah menjajal untuk berkompetisi di divisi lainya seperti yang dilakukan rival terburuknya, Conor McGregor yang berhasil menjuarai divisi kelas bulu dan ringan UFC.

Baca Juga

Berkat dua hal yang belum bisa dilakoni Khabib tersebut, The Eagles kerap kali disebut belum sempurna untuk menjadi seorang legenda UFC.

Di antara legenda-legenda lainnya seperti Jon Jones (11), Demetrious Johnson (10), Anderson Silva (10), Georges St-Pierre (9), Jose Aldo (7). bahkan Israel Adesanya (5) lebih banyak melakoni laga mempertahankan gelar ketimbang Khabib.

Baca Juga

Bakal menarik jika Islam Makhachev bisa mewujudkan ambisinya tersebut karena dipastikan bakal menggeser nama Khabib sebagai petarung terbaik di kelas ringan UFC.

Sumber: BJPENN

Ultimate Fighting Championship (UFC)Khabib NurmagomedovIslam MakhachevCharles Oliveira

Berita Terkini