x

Kebangkitan SmackDown! UFC dan WWE Bakal Merger dengan Deal Triliunan Rupiah

Kamis, 6 April 2023 17:42 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Ultimate Fighting Championship (UFC) bakal merger dengan World Wrestling Entertainment (WWE) dengan yang bisa menjadi kebangkitan SmackDown.

INDOSPORT.COM – Ultimate Fighting Championship (UFC) bakal merger dengan World Wrestling Entertainment (WWE) dengan yang bisa menjadi kebangkitan SmackDown.

Menurut informasi di BBC, WWE bergabung dengan perusahaan induk UFC, Endeavour Group Holdings dengan total nilai 21 miliar dolar atau setara dengan Rp313 triliun.

Endeavour Grup sendiri menjadi pemegang saham mayoritas dengan total 51 persen, sedangan WWE mendapatkan total presentase 49 persen.

Penggabungan dua perusahaan gulat itu akan dipimpin langsung oleh kepala eksekutif Endeavour Ari Emanuel dan ketua eksekutif WWE, Vince McMahon.

Dengan adanya penggabungan dua bisnis hiburan ini, akan menjadi tanda kebangkitan SmackDown dan tentu akan memberikan manfaat bagi kedua pihak.

Baca Juga

“Vince sangat luar biasa di dunia gulat, sedangkan Ari gemilang dengan apa yang dia lakukan. Dan sekarang mereka bersama dalam beberapa tahun ke depan,” ungkap Presiden UFC, Dana White.

Dengan adanya penggabungan ini, beberapa penggemar mengharapkan adanya persilangan potensi petarung. Beberapa petarung UFC diharapkan bisa tampil sebagai cameo di WWE.

Baca Juga

Sekadar informasi, sahan WWE sendiri hampir jatuh 10 persen pada awal perdagangan sementara sahan UFC juga sempat turun sekitar 2 persen.

Dengan adanya penggabungan ini, WWE dan UFC dapat menghemat total dana sektar 50-100 juta dollar AS atau setara Rp700 miliar hingga Rp1 triliun.

Sementara itu, Ketua Eksekutif Vince McMahon menuturkan dengan adanya merger ini menjadi peluang yang besar untuk menjaga eksistensi WWE.

Baca Juga

1. Kebangkitan SmackDown

Kebangkitan SmackDown.

Sekadar informasi, UFC dan WWE sendiri memiliki beberapa perbedaan meski berada di jalur yang sama yakni di dunia gulat.

UFC sendiri merupakan perusahaan promotor seni bela diri campuran atau Mixed Martial Arts (MMA) yang berbasis di Las Vegas, Amerika Serikat.

Sedangkan WWE sendiri bisa digolongkan sebagai hiburan olahraga gulat yang bermarkas di East Main Street di Stamford, Connecticut, Amerika Serikat.

Banyak pegulat dari WWE dan UFC yang saling bersinggungan. Karena pada dasarnya olahraga ini memiliki basis yang sama dan kuat di kedua disiplin.

Beberapa petarung UFC juga ada keterkaitan dengan WWE. Beberapa petarungnya bahkan sempat meninggalkan UFC untuk menjadi juara di WWE, seperti Ronda Rousey.

Baca Juga

Sementara itu, mantan juara kelas menengah UFC yakni Israel Andesanya turut buka suara terkait dengan peran WWE di sepanjang kariernya.

“Mungkin saya tidak menyadari seberapa besar pengaruh (WWE),” ungkap Andesanya.

Baca Juga

“Sebagai seorang penghibur, itu pasti berperan. Saya menghabiskan hari Jumat menonton (promosi WWE) Smackdown,” ssambungnya.

“Hari Senin menonton Raw dan menonton orang-orang ini melakukan hal mereka (hiburan bergulat), menjadi karismatik dan menggetarkan, di mikrofon dan di atas ring,”

“Kami dulu juga berlatih gerakan gila, melakukan Swanton Bombs Hardy Boyz dari sandaran tangan sofa ke kasur. Itu (WWE) memainkan peran yang pasti dalam membentuk saya,” pungkas petarung UFC tersebut.

Baca Juga

Sumber: BBC

Ultimate Fighting Championship (UFC)WWESmackdownDana White

Berita Terkini