Haornas, Menpora Ingin Tiap Daerah Punya Cabor Unggulan

Rabu, 9 September 2015 13:59 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
 Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengingatkan pentingnya budaya olahraga bagi masyarakat dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh 9 September, hari ini.  

Menurutnya, olahraga dapat menjadi model bagi masyarakat untuk disiplin dan sportif. Olahraga juga bisa menjadi wahana bagi revolusi mental yang dicanangkan pemerintah. 

Sementara bagi kelompok usia anak, remaja dan pemuda, olahraga memiliki arti penting untuk pembentukan karakter agar menjadi lebih tangguh. 

"Kami harap masyarakat dapat menjadikan olahraga sebagai budaya dan gaya hidup," kata Imam. 

Namun demikian, Imam menyadari untuk menjadikan olahraga sebagai sebuah budaya tidak bisa diperoleh secara instan. Proses yang dilakukan harus berkesinambungan dan dilakukan semua lapisan masyarakat. "Mulai RT, RW, Dusun hingga keluarahan dan pusat harus selalu mengedepankan edukasi betapa pentingnya olahrahga," ucapnya. 

Menpora juga mengajak seluruh pemda untuk membangkitkan olahraga, dan mendorong agar tiap daerah memiliki cabang olahraga unggulan. "Bibit olahragawan harus dibina untuk menjadi berprestasi di tingkat regional dan profesional agar bisa mengharumkaan nama bangsa," tambahnya.