Asian Games 2018

Sambut Asian Games, Pemerintah Gelar Kampung Olahraga

Jumat, 18 Desember 2015 20:43 WIB
Penulis: Dian Eko Prasetio | Editor: Zainal Hasan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
 Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) menjelaskan bahwa kegiatan ini juga sebagai salah satu gaung, agar kegiatan multi event seperti Asian Games 2018 tidak hanya bergetar di Jakarta dan Palembang saja. Tetapi juga di seluruh kota-kota di Indonesia.

“Kegiatan ini menunjukan tanda-tanda persiapan dan sosialisasi Asian Games 2018 telah dimulai. Kita tidak ingin Asian Games bergetar di Jakarta dan Palembang saja sebagai lokasi tuan rumah Asian Games 2018. Tapi juga bisa dirasakan oleh seluruh Indonesia,” jelas Sesmenpora, Alfitra Salamm.

Kegiatan yang bertajuk ‘Indonesia Bisa – Indonesia Juara’ menuju Asian Games 2018 ini akan dilangsungkan secara berkala hampir diseluruh pelosok wilayah Indonesia. Itu dilakukan agar Asian Games 2018 dapat menjadi momentum kebangkitan Olahraga Indonesia.

“Selain di Bali, kegiatan seperti ini juga akan dilakukan di Gorontalo dan Aceh. Karena dengan adanya Asian Games ini, kita akan mempersiapkan semua hal. Mulai dari 38 cabang olahraga, infrastruktur, relawan, hingga menjadi tuan rumah yang terbaik,” sambungnya.

Selain itu, Alfitra juga mengungkapkan saat ini pemerintah pusat tengah membuat kebijakan-kebijakan terkait olahraga. Bahkan ia mengatakan bahwa target Indonesia di tahun 2018 adalah akan ada 1000 lapangan sepakbola di Indonesia. Bahkan saat ini, lapangan sepakbola yang sudah dibangun saat ini hingga mencapai 478.

Masih menurut Sesmenpora, gelaran multi event 4 tahunan itu tidak hanya berdampak positif bagi Olahraga Indonesia, tapi juga membawa keuntungan di sektor Ekonomi dan Pariwisata.

“Asian Games ini bukan hanya semata-mata untuk olahraga saja, tapi juga semua unsur pembangunan akan bergerak. Oleh karena itu, sosialisasi seperti ini sangat penting,” sambungnya.

Kampung Olahraga Indonesia ini rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 18 Desember hingga 20 Desember 2015. Pelaksana Harian KONI Pusat, E. F. Hamidy mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menggelorakan semangat dan juga bentuk dukungan nyata kepada para atlet Indonesia.

“Indonesia diharapkan bisa tampil lebih baik lagi pada Asian Games 2018, dan dapat memperbaiki pencapaian perolehan medali. Target kita, Indonesia masuk kedalam 8 besar akhir klasemen,” jelas Hamidy.

Berbagai rangkaian kegiatan digelar dalam Acara Kampung Olahrga Indonesia 2015 ini, diantaranya adalah Zumba dan Yoga yang akan diikuti sebanyak 1000 peserta. Fun Bike yang diikuti 750 peserta, dan Fun Run yang diikuti sebanyak 2500 peserta dari umum dan pelajar.