Ini Cara KONI Majukan Olahraga Nasional

Senin, 11 Januari 2016 20:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
 Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT

Menyambut berbagai kejuaraan yang akan berlangsung di tahun 2016 ini dan beberapa tahun mendatang, KONI menyatakan siap untuk melakukan pemetaan dan pelatnas yang nantinya akan membantu Satlak Prima demi menciptakan atlet-atlet berkualitas serta melakukan pembinaan olahraga usia dini.

"Setiap KONI provinsi harus melakukan pemetaan dan pelatnas secara desentralisasi. Oleh sebab itu nanti ke depan bisa membantu kerja Satlak Prima. Ini merupakan salah satu taktik dan strategi bagaimana memperbanyak atlit-atlit namun kita juga tidak bisa bekerja kalau pemerintah tidak mau menjadikannya sebagai bagian dari pembangunan olahraga nasional. Pembinaan mulai usia dini mulai dari SD, SMP, SMA juga diwajibkan untuk berolahraga khususnya cabang olahraga berprestasi," ungkap Ketua Umum KONI, Tono Suratman kepada wartawan di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta.

Tono juga menjelaskan, sebagai mitra pemerintah, KONI akan mendukung setiap programnya melalui pelatnas di beberapa provinsi.

"KONI bertugas membangun dan membina prestasi. Sebagai mitra pemerintah ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Jadi kita mendukung program-program pemerintah melalui kemampuan kita melalui pelatnas di beberapa KONI provinsi seperti di Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau, termasuk juga di Sulawesi Selatan. Ini akan kita jadikan sebagai sentra pemetaan olahraga, sehingga kita tidak hanya berkutak-kutik dengan atlet nasional yang sebenarnya usianya sudah tidak mendukung. Jadi kita tidak bisa berhenti, harus terus bekerja," lanjut pria lulusan AKABRI 1974 tersebut.