Mengenal Triathlon, Olahraga Uji Kekuatan Fisik

Selasa, 26 Januari 2016 19:08 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zainal Hasan
 Copyright:

Publik di Indonesia mungkin masih kurang akrab dengan olahraga Triathlon, berbeda dengan cabang olahraga sepakbola, bulutangkis, basket dimana sudah sejak lama kita mengenal cabang-cabang olahraga tersebut, Triathlon adalah gabungan dari marathon berenang dan bersepeda yang dilakukan dalam satu perlombaan.

Adalah Scott Tinley, orang pertama yang menciptakan olahraga Triathlon, dan untuk pertama kalinya olahraga ini di lombakan di Perancis antara tahun 1920 – 1930an. Triathlon adalah olahraga yang menguji ketahanan fisik dan mental yang luar biasa, karena terdiri dalam olahraga ini ada tiga macam cabang olahraga yang dilakukan oleh seorang atlet yaitu renang, sepeda dan lari marathon dengan masing-masing jarak yang berbeda.

Seorang Atlet triathlon harus dapat tiga cabang olahraga ini secara bertahap pada setiap lintasan, beratnya olahraga yang menuntut kekuatan fisik, mental dan kematangan strategi yang akan berpeluang memenangkan olahraga ini, tidaklah sembarangan apabila sang juara kemudian dijuluki The Ironman.

INDOSPORT mengulas olahraga ini lebih jauh:

57