Asian Para Games 2018

Indonesia Tandatangani Host City Contract Asian Para Games

Selasa, 1 Maret 2016 03:07 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© Raditya/INDOSPORT
 Copyright: © Raditya/INDOSPORT

Dalam penandatangan tersebut, pemerintah Indonesia diwakili Sesmenpora Alfitra Salamm, sementara pihak Asian Paralympic Committee (APC) oleh Presiden APC Majid Rashed. Presiden APC percaya bahwa Indonesia bakal sukses sebagai tuan rumah. 

"Saya berterima kasih atas penandatanganan HCC yang menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah. Targetnya hanya satu, memberikan kesempatan kepada atlet paralimpic Asia untuk berkompetisi dan berprestasi. Kami sangat percaya Indonesia sukses sebagai tuan rumah. Kita akan bekerja bersama sebagai tim," tutur Majid Rashed. 

Selain penandatanganan HCC, dilangsungkan juga koordinasi persiapan APG 2018 yang mengundang perwakilan sejumlah pihak. Yakni Dirjen Protokoler dan Konsuler Kemenlu, Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Dirjen Bea dan Cukai Kemenkeu, Sekjen Kemendikbud, Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemenkes, Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Bappenas, Kementerian Pariwisata, Kemenko PMK, Sekdaprov DKI, KOI, KONI, Satlak Prima, National Paralympic Committee (NPC), dan para asisten deputi keolahragaan di lingkungan Kemenpora. 

“Saya lihat sendiri berbagai sektor telah mewakili. Pasti masyarakat Indonesia tidak sabar menuju APG 2018. Bersama dan saling berbagi adalah kunci utama meraih dan melaksanakan tujuan. Saya ingin setelah games terlaksana, akan diwariskan kepada semua warga Indonesia berbagai layanan kepada penyandang disabilitas, baik fisik, ekonomi, sosial, dan sebagainya. Dalam mempersiapkan APG 2018 ke tiga ini, APC tidak hanya akan menjadi penonton, hanya menyuruh dan menuding sana-sini, kami akan bantu apa yang bisa kami bantu," ujar Majid. 

Faisal Abdullah menjelaskan bahwa Presiden Jokowi sudah menandatangani Keppres APG 2018, "Penandatanganan HCC ini adalah langkah kedua. Teknis selanjutnya, Maret sudah mulai jalan, dan insyaallah progres tiap tahun akan dilaporkan," tuturnya. 

2