Kasus Hambalang, Pengamat: SBY dan Jokowi Punya Peranan Kunci

Selasa, 22 Maret 2016 19:43 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Ramadhan
 Copyright:

Menurut pengamat olahraga senior, Anton Sanjaya, SBY secara moral memiliki peran besar dan tanggung jawab terhadap pembangunan Hambalang yang dipenuhi skandal korupsi di era kepemimpinannya. Hambalang, menurut Anton merupakan aset negara yang harus dikembalikan pada publik.


Kunjungan Presiden Ri, Joko Widodo dan Menpora Imam Nahrawi ke proyek Hambalang

“Hambalang itu kecelakaan politis karena memang itu menelan uang yang sangat besar hampir 3 triliun, tidak ada pengawasan ketat dari DPR saat itu kelonggaran itu membuatnya dikorup. SBY secara moral bertanggung jawab,” ujar Anton saat dihubungi INDOSPORT.

“Pak Jokowi datang ke sana karena Hambalang ini sudah banyak makan korban, aset negara yang harus dikembalkan ke publik. Namun ada unsur politis karena pak SBY aktif memberi kritik,” tambahnya.

Anton menyebut seharusnya kedua pihak, baik SBY maupun Jokowi tak larut dalam ketegangan perihal Hambalang. Ia menyebut jika cerminan keduanya sebagai seorang negarawan harus dibuktikan kepada rakyat saat ini.


Kondisi terkini megaproyek Hambalang

“Kritik boleh2 saja. Pak SBY sah melakukan itu karena dia mantan presiden tak perlu disikapi sebagai persaingan keduanya. Saya yakin keduanya merupakan negarawan sejati,” tutup Anton.