Komunitas

(VIDEO) Sedang Stres atau Galau? Gerakan Yoga Ini Solusinya

Minggu, 17 April 2016 14:51 WIB
Penulis: Ivan Reinhard Manurung | Editor: Yohanes Ishak
© Ivan Reinhard/ indosport
Suasana tenang membuat peserta lebih fokus melakukan gerakan yang diberikan oleh instruktur Copyright: © Ivan Reinhard/ indosport
Suasana tenang membuat peserta lebih fokus melakukan gerakan yang diberikan oleh instruktur

Padatnya kegiatan yang kita lakukan sehari-hari jika tidak diimbangi dengan waktu istirahat yang cukup tentu membuat badan kita kurang fit, sehingga berpotensi besar membuat kita menjadi jatuh sakit. Untuk itu perlu mencari cara untuk dapat menenangkan pikiran agar dapat kembali tenang. Salah satunya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan gerakan pengaturan napas atau yang sering disebut dengan pranayama dalam yoga.

Dalam sebuah acara Yogfest 2016 yang mengusung tema, "Beryoga, Bergembira, Berilmu, dan Beramal" ini berlangsung di Taman Menteng, Jakarta Pusat, INDOSPORT berkesempatan menanyakan tentang gerakan pranayama ini dan manfaatnya kepada seorang instruktur bernama Dewi indawati Loho.


Dewi Indawati Loho, salah satu instruktur yoga khusus gerakan pranayama.

"Pranayama itu merupakan gerakan pengaturan napas, jadi kita percaya, kebiasaan yang dilakukan pikiran bisa direfleksikan melalui cara kita mengatur pernafasan. Sehingga secara tidak langsung, jika kita bisa mengatur pernafasan, kita juga akan mampu untuk mengatur pikiran kita," ujarnya.

"Dengan melakukan Pranayama, efeknya akan kita rasakan di pikiran dan tubuh, jadi pikiran kita itu terkadang seperti ombak dan membuat kita sulit untuk konsentrasi karena gelombangnya besar . Disitulah pranayama memiliki peran untuk menstabilkan gelombang itu dan nantinya bisa membuat pikiran kita lebih jernih dan melihat segala sesuatunya lebih jelas," tambahnya.


Dengan mengatur pernafasan, seseorang juga akan bisa mengatur jalan pikirannya sendiri.

Lebih lanjut, Dewi pun menyarankan agar gerakan pranayama ini dilakukan setiap hari, karena efeknya baru akan berasa bila rutin dilakukan.

"Untuk itu, sebaiknya pranayama ini dilakukan setiap harinya dan sebisa mungkin dijadikan rutinitas kegiatan sehari-hari. Hal itu karena efek dari pranayama ini tidak bisa langsung dirasakan saat itu juga, jadinya perlu kesabaran, dedikasi, dan ketulusan untuk melakukan pranayama ini," tutupnya.

Berikut ini cuplikan video salah satu contoh dari gerakan pranayama tersebut:

2