Olimpiade 2016

Jadi Pembawa Bendera Olimpiade, Ini Kesan Ratu Atletik Indonesia

Kamis, 28 Juli 2016 13:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ahmad Priobudiyono
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Atlet lompat jauh Indonesia di Olimpiade 2016, Maria Londa. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Atlet lompat jauh Indonesia di Olimpiade 2016, Maria Londa.

Chef de Mission atau ketua kontingen Indonesia, Raja Sapta Oktohari, menegaskan bahwa penunjukan Maria Londa sebagai pembawa bendera dikarekan prestasi yang membanggakan dan juga sebagai atlet Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade 2016.    

"Selain menjadi atlet pertama yang lolos olimpiade, prestasi Maria selama ini sangat membanggakan baik di SEA Games maupun Asian Games. Selain itu atletik juga sebagai mother of sport," ujar Ketua Kontingen Indonesia (CdM), Raja Sapta Oktohari.


Prestasi membuat Maria Londa didaulat sebagai pembawa bendera Indonesia di Olimpiade 2016.

Menanggapi hal tersebut, Maria Londa menyatakan bahwa ia sempat tidak percaya dan berharap agar dengan diberikannya kepercayaan tersebut dirinya bisa tampil maksimal dan memberikan yang terbaik.

“Sempat kaget saat ditunjuk karena kan ini ada 28 orang. Puji Tuhan, ini olimpik pertama saya juga dan dipercaya bawa bendera, berarti kan itu rezeki nomplok,” ujarnya saat pelepasan kontingen Indonesia, Rabu (27/07) kemarin.

“Dijalanin saja, mudah-mudahan berjalan baik sampai disana. Sebelumnya paling ke Eropa dan tidak terlalu sepanjang ini proses perjuangannya,” sambung atlet asal Bali tersebut.

Maria Londa sendiri merupakan atlet wanita Indonesia pertama yang diberi kepercayaan sebagai pembawa bendera di Olimpiade. Ia juga menjadi atlet asal Bali ketiga yang mendapatkan kesempatan langka tersebut, sebelumnya ada nama I Gede Siman Sudartawa dan I Gusti Made Oka Sulaksana.