Olimpiade Rio 2016

AS Kokoh di Puncak Klasemen, Ini Daftar Sementara Perolehan Medali Olimpiade Rio 2016

Jumat, 19 Agustus 2016 10:02 WIB
Editor: Arief Rahman Hakim
© Grafis: Yuhariyanto/Indosport
Perolehan sementara medali Olimpiade Rio 2016 Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/Indosport
Perolehan sementara medali Olimpiade Rio 2016

Olimpiade yang saat ini berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil, akan berakhir akhir pekan ini, dan seremoni penutupan akan digelar pada Minggu, 21 Agustus 2016. Beranekaragam cabang olahraga (cabor) telah diperlombakan, dan untuk sementara ini, AS masih memimpin klasemen perolehan medali.

Total mereka mengoleksi 100 medali, dengan rincian 35 medali emas, 33 medali perak, dan 32 medali perunggu. Cabor renang masih jadi penyumbang medali terbanyak dengan total 33 medali, diikuti atletik dengan 25 medali, dan senam artistik sebanyak 12 medali.

Posisi AS hanya ditempel ketat oleh rival mereka, Inggris, yang berada di posisi kedua dengan raihan total 56 medali. AS pun tampaknya akan memenangi perolehan medali di Olimpiade Rio 2016.

Sementara Tanah Air, Indonesia, stabil di peringkat 40 berkat raihan tiga medali. Satu dari cabang bulutangkis kala Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memenangi medali emas di nomor ganda campuran, sementara dua lainnya dari cabang olahraga angkat besi. Sri Wahyuni dan Eko Yuli Wirawan meraih medali perak.

Sedangkan perwakilan terakhir Indonesia di cabang olahraga sepeda BMX, Toni Syarifudin, urung melaju ke semifinal dan kandas di perempat final. Toni terjatuh di run kedua, dan mengayuh sepedanya pelan melalui garis finis.

Bahkan Toni mengalami cedera patah tulang, dan sempat dilarikan ke rumah sakit yang berada di kampung atlet.