PON Jabar 2016

Atlet Berprestasi Jakarta di PON Jabar Segera Diguyur Rupiah

Sabtu, 8 Oktober 2016 21:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ahmad Priobudiyono
© Djerry/Indosport
Emilia Nova atlet sapta lomba (lari, lompat, lempar) Copyright: © Djerry/Indosport
Emilia Nova atlet sapta lomba (lari, lompat, lempar)

Kontingen DKI menurunkan total 1.574 orang dalam PON Jabar 2016 lalu. Rinciannya 902 atlet, 389 manajer dan pelatih, serta 289 ofisial. DKI Jakarta sendiri mengakhiri PON di peringkat ketiga dengan total 373 raihan medali, dengan perincian emas 132, perak 123, dan perunggu 118.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan total anggaran bonus peraih medali sebesar Rp 279 miliar di PON Jawa Barat. Sementara bagi peraih medali emas, KONI DKI akan mengganjarnya dengan nominal Rp1 miliar. 

Menindaklanjuti janji tersebut, Pemprov DKI Jakarta menyatakan akan segera mencairkan hak para atlet dan kontingen. Akan tetapi saat ini hal tersebut masih menunggu proses administrasi. 


Emilia Nova memecahkan rekor PON dan rekor Nasional di cabang Sapta Lomba di PON Jabar 2016.

Menariknya, Pemprov DKI Jakarta juga akan memberikan bonus tambahan bagi cabang olahraga yang berhasil menjadi juara umum dan atlet yang memcahkan rekor PON.

"Kita akan berikan bonus kepada atlet peraih medali seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, tapi memang belum bisa dicairkan karena masih harus menunggu administrasinya, semoga saja dalam waktu dekat ini," ujar Kepala Bidang Olahraga dan Prestasi Dispora DKI Jakarta, Tedi Cahyono kepada INDOSPORT.

"Untuk emas memang satu miliar tetapi itu nanti akan dibagi kepada atlet, pelatih dan klubnya. Nantinya yang cabang olahraga yang jadi juara umum dan atlet yang berhasil memecahkan rekor pasti akan dapat bonus lagi. Masih dalam bentuk uang tetapi tidak bisa kita sebutkan nominalnya," sambungnya.

DKI Jakarta sendiri berhasil mejadi juara umum di cabang olahraga atletik, senam, bulutangkis, tenis meja, terbang layang dan brigde di PON Jawa Barat. 

Sementara itu beberapa atlet DKI juga berhasil memecahkan rekor PON seperti Emilia Nova dari cabang atletik, maupun empat atlet selam fin swimming atas nama Joaniata Mutiara Hapsari, Danandra Indra Damario, Meutia Setiadarma dan Reihard Tomel.