Tafisa Games 2016

(VIDEO) Peserta Panco Cantik Ini Tanggapi Positif Olimpiade Rekreasi di Jakarta

Minggu, 9 Oktober 2016 20:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Randy Prasatya
© INDOSPORT
Peserta panco di ajang TAFISA World Games 2016. Copyright: © INDOSPORT
Peserta panco di ajang TAFISA World Games 2016.

TAFISA World Games 2016 yang berlangsung di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, sudah dimulai berlangsung sejak Kamis (06/10) lalu. Masing-masing negara pesertanya turut menampilkan olahraga rekreasi yang dipunya

Memang bukan jenis olahraga seperti Olimpiade yang memperebutkan medali, namun permainan yang ditampilkan dalam event TAFISA memiliki nilai di masyarakat dan kompetitif.

Menurut salah satu peserta TAFISA dari Indonesia, acara yang berlangsung empat tahunan ini berlangsung meriah. Bahkan, satu peserta panco berharap agar ajang bertaraf internasional ini dilangsungkan secara berkesinambungan.

“TAFISA World Games tahun ini lumayan meriah, apalagi empat tahun sekali. Sejauh ini cukup postif juga dan harus lebih sering diselenggarakan (olahraga rekreasi),” ucap Anisa, peserta olahraga panco asal Indoensia kepada INDOSPORT saat ditemui di Ancol Beach City (ABC) Mall.

Hal senada juga diucakan oleh ketua panitia pelaksana TAFISA World Games 2016, Hayono Isman. Ia menilai animo dan kedatangan penonton hingga hari ini cukup memuaskan.

“Iya bisa dibilang cukup memuaskan. Semalam, acara pembukaannya juga cukup meriah dan banyak yang dating, hampir ribuan. Sejauh ini sudah cukup bagus,” terangnya saat meninjau perhelatan ajang street soccer.

Kendati demikian, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, sebelumnya sudah mewanti-wanti kepada panitia pelaksana akan sepinya penonton yang datang ke TAFISA.

Sebab, event yang berlangsung sejak tanggal 6 Oktober 2016 ini tidak ada petunjuk arah untuk menuju area permainan di TAFISA.

"(Sepi penonton) itu menjadi kekhawatiran saya sejak awal. Ini tempat rekreasi, maka semua orang ketika masuk tempat rekreasi sudah punya tujuan lokasi mana yang mau didatangi. Karena ada TAFISA World Games, maka harus semakin digencarkan promosinya,” ujar Imam.

“Di setiap gerbang itu, mestinya ada brosur, tapi rupanya tidak dilakukan. Saya kira ini menjadi koreksi kita semua," tandas Cak Imam.

Berdasarkan pantauan INDOSPORT memang hanya beberapa kegiatan TAFISA yang menarik perhatian pengunjung, seperti halnya ajang street soccer. Sementara itu, petugas keamanan di kawasan Ancol tidak mengetahui tempat dan berlangsungnya event ini.