SEA Games 2017

Dua Peraih Medali Olimpiade Batal Ikuti Tes Fisik

Selasa, 8 November 2016 16:53 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Hendra Mujiraharja
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Atlet Squash putri Maudy Wafa Nadiyah (tengah) saat menjalani tes fisik. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Atlet Squash putri Maudy Wafa Nadiyah (tengah) saat menjalani tes fisik.

Tes fisik tersebut dilakukan terhadap para atlet yang diproyeksikan tampil di ajang SEA Games 2017. Tes fisik tersebut juga berguna untuk memastikan para atlet memiliki kondisi fisik yang prima. Berbagai tes pun dilakukan untuk menguji ketangguhan para atlet sebelum berjuang di Malaysia tahun depan.

“Hari ini ada tes seperti praktikal jump, daya tahan, fleksibel, keseimbangan, sama VO2 max. Akan tetapi tiap cabang berbeda, masing-masing punya parameternya, ada yang perlu dites keseimbangan ada juga yang tidak,” jelas Hadi Wihardja, selaku High Performance Sports Operation Program dari Satlak Prima.

Para atlet sedang melakukan tes fisik.

Cabang olahraga yang menjalani tes fisik hari ini adalah ski air, angkat besi, tenis, squash, golf, triathlon, billiar dan wushu. Akan tetapi, dari 63 atlet yang dijadwalkan mengikuti tes, hanya 39 yang ikut ambil bagian.

Beberapa atlet elite atau papan atas tidak bisa hadir dengan berbagai alasan. Dari tenis ada nama Christopher Rungkat dan Jessy Rompies, sedangkan tim angkat besi menunda tes hingga pekan depan.

Sri Wahyuni batal menghadiri tes fisik.

“Hari ini 39 atlet yang ikut tes fisik dari 63 yang dijadwalkan. Namun, sejumlah atlet elite atau papan atas tidak hadir pada kegaitan hari ini. Mereka ada yang sedang mengikuti kejuaraan dan cedera,” terang Hadi Wihardja saat ditemui di Rawamangun.

“Angkat besi mungkin baru minggu depan lakukan tes fisik, karena beberapa atletnya belum kumpul. Dari tenis, Jessy maupun Christopher absen karena ada kejuaraan di Jepang, beberapa lainnya masih dalam proses penyembuhan cedera,” sambungnya.