Laureus World Sportmans of The Year

Ronaldo, Murray, dan Bolt Berpeluang Tambah Penghargaan

Jumat, 13 Januari 2017 07:55 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Cristiano Ronaldo, Andy Murray, dan Usain Bolt bersaing sebagai atlet terbaik. Copyright: © Getty Images
Cristiano Ronaldo, Andy Murray, dan Usain Bolt bersaing sebagai atlet terbaik.

Nominasi Laureus Awards telah diumumkan. Kategori paling bergengsi tentunya penghargaan untuk atlet terbaik dari berbagai olahraga. Dari sepakbola, ada nama yang paling sering menerima gelar terbaik, yakni Cristiano Ronaldo.

Dari basket, ada dua pemain yang masuk nominasi, yakni pemain Golden State Warriors, Stephen Curry dan small forward Cleveland Cavaliers, LeBron James. Cabang tenis diwakili satu atlet yang baru menjadi peringkat satu dunia, Andy Murray.

Sementara dari cabang atletik ada dua nama yang berjaya di Olimpiade Rio 2016 lalu, Usain Bolt dan Mo Farah. Dari enam nama tersebut, pelari Jamaica, Bolt, berpeluang menjadi atlet penerima Laureus Awards terbanyak. Ia telah mengoleksi piala ini di tahun 2009, 2010, dan 2013.

Untuk atlet terbaik wanita, enam posisi nominasi dipenuhi oleh atlet yang sukses di olimpiade. Atlet asal Amerika Serikat mendominasi di tiga posisi. Mereka terdiri dari atlet senam peraih empat medali emas Simone Biles, perenang dengan lima medali Katie Ledecky, dan sprinter pengoleksi dua emas Allyson Felix.

Petenis nomor satu dunia asal Jerman, Angelique Kerber meraih nominasi pertamanya. Begitu pula dengan sprinter Jamaika, Elaine Thompson dan pembalap sepeda Inggris, Laura Kenny.


Nominasi atlet wanita terbaik diisi oleh atlet pendulang medali olimpiade.

Tak hanya untuk individu, Laureus juga membuat kategori untuk tim olahraga terbaik. Kans terbesar ada di tangan tim Mercedes AMG Petronas yang dinominasikan tiga tahun berturut-turut.

Tiga tim sepakbola yang berhasil masuk nominasi adalah Timnas Portugal, Timnas Brasil, dan Real Madrid. Chicago Cubs mewakili tim baseball, di mana mereka menjadi juara dunia pertama kali setelah 108 tahun. Sementara satu tim lain adalah klub yang dipimpin LeBron, Cleveland Cavaliers.


Mercedes AMG dijagokan setelah memuncaki Formula 1 tahun lalu.

Para pemenang dipilih oleh anggota Laureus World Sports Academy yang terdiri dari para pekerja media yang menggeluti olahraga. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan di Monaco, 14 Februari mendatang.

318