Islamic Solidarity Games

Indonesia Jadi Peserta ISG 2017, Kemenpora Siap Kucurkan Dana Rp10 Miliar

Kamis, 23 Februari 2017 13:48 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Indosport/insidethegames
Islamic Solidarity Games 2017. Copyright: © Indosport/insidethegames
Islamic Solidarity Games 2017.

Islamic Solidarity Games 2017 (ISG 2017) yang merupakan edisi keempat, rencananya akan bergulir mulai 12 Mei hingga 22 Mei 2017 di Baku, Azerbaijan. Indonesia sendiri merupakan salah satu peserta dalam ajang yang dibentuk oleh Organisation of Islamic Cooperation (OIC) tersebut.

Secara level, ISG 2017 ini memang tingkatannya berada di bawah ajang multi- event lainnya, semisal Olimpiade. Meski begitu, pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ternyata tidak ingin menyepelekannya dan untuk itu sejumlah dana pun sudah disiapkan guna menunjang kebutuhan kontingen atlet yang ikut bertanding.

Tidak tanggung-tanggung, dana sebesar Rp10 miliar sudah disiapkan oleh pihak Kemenpora untuk mendukung kontingen Indonesia di ajang ISG 2017.

 "ISG bukan merupakan kejuaraan utama seperti SEA Games, Asian Games maupun Olimpiade. Namun, kami sudah menganggarkan untuk itu (ISG)," ujar Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Gatot S Dewa Broto seperti dikutip dari Antara.


Gatot menuturkan Kemenpora siap memberi dana Rp10 miliar untuk atlet di ISG 2017.

Meski sudah menyiapkan dana tersebut, Gatot mewakili Kemenpora mengaku sebenarnya belum mengetahui apakah dana tersebut nantinya cukup atau kurang untuk mendukung keikutsertaan Indonesia di ISG 2017. Pasalnya, hingga saat ini ia mengaku belum mendapat kabar dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI), yang merupakan pihak penanggung jawab.

"Kami baru menganggarkan saja. Hingga saat ini kami belum menerima laporan terkait ISG mulai dari berapa cabang yang akan diikuti, berapa jumlah atlet hingga besaran biaya yang dibutuhkan. Padahal pelaksanaan ISG sudah dekat."

Sebagai pemerintah kita menunggu laporan, bukan melaporkan ke KOI. Hingga saat ini kami belum menerima. Idealnya pada Januari usulan itu masuk," pungkasnya.

Sepanjang keikutsertaannya di ajang ISG, Indonesia sendiri tercatat pernah menorehkan tinta emas, kala menjadi juara umum pada ISG 2013. Kala itu, kontingen Indonesia berhasil membawa pulang 36 medali emas, 35 medali perak, dan 34 medali perunggu.


Indonesia pernah menjadi tuan rumah dan juara umum ISG 2013.