ASEAN Paragames 2017

Mantap! Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames 2017

Sabtu, 23 September 2017 20:29 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Indonesia sukses mencatat prestasi mengharumkan dari ajang pesta multievent ASEAN Paragames 2017 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Kontingen Indonesia sudah mendominasi perolehan medali sejak hari pertama yang dimulai Minggu (17/09/17) dan berakhir pada hari ini, Sabtu (23/09/17).

Total tim Merah Putih mengumpulkan 251 medali yang terdiri dari 126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu. Sementara Malaysia meraih 258 medali tetapi hanya 90 di antaranya yang merupakan medali emas. Sementara Thailand yang menjadi juara umum di SEA Games 2015 lalu, hanya menempati peringkat ketiga.

© Twitter/Kuala Lumpur 2017
Putri Aulia dan Ni Made Arianti Putri memenangkan medali emas dan perak. Copyright: Twitter/Kuala Lumpur 2017Putri Aulia dan Ni Made Arianti Putri memenangkan medali emas dan perak.

Para atlet dari cabang para atletik berperan sebagai penyumbang medali terbanyak dengan total 85 keping dan 40 di antaranya adalah medali emas. Cabang para renang berada di peringkat kedua dengan mempersembahkan 39 medali emas.

Prestasi Indonesia ini merupakan raihan terbaik dari sepanjang keikutsertaan para atlet difabel Tanah Air di ASEAN Paragames. Bahkan koleksi medali emas juga jauh melampaui target 113 medali emas yang dicanangkan Kemenpora.

Keberhasilan Indonesia jadi juara ASEAN Paragames edisi kali ini merupakan adalah sukses kedua Indonesia sepanjang sejarah ASEAN Paragames. Pada ASEAN Paragames 2014 di Myanmar, Indonesia juga keluar sebagai juara umum. Saat itu, kontingen Indonesia memperoleh total 99 medali emas, 69 perak, dan 49 perunggu.

Menyinggung soal bonus kepada peraih medali, Menpora Imam Nahrawi menegaskan kembali komitmen yang sudah pernah diutarakan sebelumnya. Baginya sesuai instruksi Presiden menteri asal Bangkalan, Madura ini akan memberikan perhatian penuh.

"Presiden Joko Widodo telah mewanti-wanti kepada saya untuk pemberian bonus yang wajib sama dengan atlet SEA Games sebagai bentuk perhatian penuh pemerintah," tegasnya.

© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Perolehan medali ASEAN Paragames 2017. Copyright: Eli Suhaeli/INDOSPORTPerolehan medali ASEAN Paragames 2017.