Jelang Olimpiade 2020, Suhu Panas Ekstrim di Tokyo Bisa Mematikan

Kamis, 19 Juli 2018 20:38 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Irfan Fikri
© CNN
Stadion Olimpiade,Tokyo Copyright: © CNN
Stadion Olimpiade,Tokyo

INDOSPORT.com- Perhelatan Olimpiade Musim Panas di Tokyo masih dua tahun lagi dari sekarang. Tetapi, ada satu hal yang membuat panitia khawatir, yaitu ancaman cuaca panas.

Panasnya cuaca di Tokyo dikhawatirkan akan menggangu ajang empat tahunan ini. Saat tur media oleh pihak panitia di sekitaran Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Rabu (18/07/18), temperatur menunjukkan suhu panas mencapai 43 derajat Celcius.

Lebih dari 12 orang meninggal dalam serangan gelombang panas saat temperatur mencapai di atas 40 derajat Celcius untuk pertama kalinya sejak 2013.

Beberapa pakar mengingatkan cuaca panas ekstrim terancam dapat membuat beberapa cabang olahraga ditunda pelaksanaannya.

Panitia penyelenggara menganggap masalah gelombang panas ini masalah serius. Mereka tengah mempertimbangkan apakah beberapa cabang olahraga tetap dilanjutkan pertandingannya dengan memindahkan ke dalam ruangan sebagai antisipasi jika terjadi kenaikan temperatur secara ekstrim.

Dewan Olahraga Jepang (JSC) mengatakan sebagaimana dilansir Asahi Shimbun melaporkan bahwa penanganan gelombang panas menjadi prioritas pihaknya.

Atap dalam stadion yang terbuat dari kayu diharapkan dapat melancarkan sirkulasi udara agar penonton tidak kepanasan. Olimpiade Musim Panas di Tokyo akan berlangsung dari tanggal 29 Juli hingga 9 Agustus 2020 mendatang.