Profil Venue Asian Games 2018: Lapangan Rugby Senayan

Kamis, 2 Agustus 2018 14:54 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dalam rencana awal, cabang olahraga rugby akan dilangsungkan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. 

Namun lima bulan jelang Asian Games 2018, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) memutuskan memindahkan pertandingan cabang olah raga rugby ke lapangan Rugby Senayan.

Pemindahan tersebut selain atas rekomendasi delegasi rugby seven, juga didasari oleh kesiapan lapangan Rugby Senayan yang memang sudah digunakan sebagai tempat pertandingan sejak lama. Sehingga tak perlu banyak melakukan renovasi agar memenuhi syarat sebagai venue Asia Games 2018.

Di Asian Games 2018 ini, untuk cabang olahraga rugby, memang hanya akan mempertandingkan jenis rugby seven yang hanya akan dimainkan oleh tujuh pemain dalam satu tim. Rugby seven sendiri berupakan bentuk praktis dari rugby reguler yang dimainkan lebih banyak pemain setiap timnya, yaitu 15 orang.

Kepastian digunakannya lapangan rugby yang terletak di lapangan D komplek olahraga Bung Karno Senayan itu membuat INASGOC harus melakukan renovasi berupa penambahan tribun yang bisa menampung hingga 25 ribu kursi penonton dan lampu penerangan hingga 1.500 lux.

Pertandingan rugby sevens di Asian games 2018 sendiri akan dilangsungkan dalam dua nomor yang akan dihelat pada 30-31 Agustus 2018. Kemudian untuk partai finalnya akan digelar sehari berselang yakni 1 September 2018.

© Kumparan
Proses renovasi Lapangan Rugby Senayan Copyright: KumparanProses renovasi Lapangan Rugby Senayan

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT.