Profil Venue Asian Games 2018: Jakarta International Equestrian Park

Kamis, 2 Agustus 2018 12:33 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Asian Games 2018 Jakarta-Palembang akan dibuka pada 18 Agustus 2018 mendatang. Seluruh venue pertandingan cabang olahraga (cabor) terus berbenah mempercantik diri, termasuk Jakarta International Equestrian Park (JIEP).

JIEP yang terletak di Pulomas, Jakarta Timur, digunakan sebagai lokasi pertandingan cabor equestrian atau berkuda. Cabor berkuda mempertandingkan tiga disiplin, yaitu dressage, eventing, dan jumping dengan masing-masing kategori individu dan beregu.

JIEP telah didesain sesuai standar internasional berdasarkan acuan yang dikeluarkan oleh Federasi Equestrian Internasional (FEI). Venue ini dilengkapi klinik, kandang isolasi, asrama atlet berkapasitas 91 kamar, tempat latihan, dan horse walker.

Venue yang dibangun di atas tanah seluas 35 hektar tersebut mampu menampung 156 kuda dengan ukuran kandang seluas 3x3,5 m2. Kandang-kandang tersebut terbagi dalam empat blok bangunan.

Tribune utama JIEP memiliki tinggi empat lantai dengan kapasitas 1.000 penonton dan 500 tamu VIP. Area tersebut dilengkapi dengan tempat konferensi pers, media dan broadcasting, announcer box dan judges room, hingga ruang khusus federasi.

JIEP direnovasi pada tahun 2017 guna persiapan Asian Games 2018. PT Wijaya Karya Bangunan Gedung, Tbk selaku kontraktor menghabiskan total anggaran Rp417 miliar untuk perenovasian dengan lingkup pekerjaan meliputi arsitektur, pekerjaan struktur, MEP, dan lanskap.

Gelanggang pacuan kuda di Pulomas tersebut dibangun pada tahun 1970-an di era Gubernur Ali Sadikin. Kala itu, lokasi tersebut menjadi tempat hiburan murah meriah bagi warga sekitar yang ingin melihat pacuan kuda.

Sempat ditutup pada tahun 1990-an karena maraknya perjudian dan taruhan balap kuda, Pacuan Kuda Pulomas dibuka kembali pada tahun 2000-an untuk kejuaraan nasional.

Kini, JIEP siap menyambut kedatangan ratusan atlet berkuda dari seluruh negara peserta Asian Games 2018. Cabor berkuda akan dimulai pada 20 sampai 30 Agustus 2018.

Pemain Myanmar U-16 Gelar Aksi Sujud ke Hadapan Suporter Indonesia

Terus ikuti berita terbaru tentang sepak bola dan olahraga lain di INDOSPORT