Profil Venue Asian Games 2018: Theater Garuda

Jumat, 3 Agustus 2018 19:07 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© theatergaruda.com
Theater Garuda venue cabor Kabaddi Asian Games 2018 Copyright: © theatergaruda.com
Theater Garuda venue cabor Kabaddi Asian Games 2018

INDOSPORT.COMAsian Games 2018 akan segera dilaksanakan dalam beberapa pekan lagi, yakni akan dimulai pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di beberapa kota di Indonesia, yakni Jakarta, Palembang dan beberapa kota di Jawa Barat.

Indonesia selaku tuan rumah sudah pasti mempersiapkan segalanya termasuk venue pertandingan. Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) menunjuk Theater Garuda di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Theater Garuda merupakan venue pertandingan cabang olahraga Kabaddi. Cabang olahraga asal India ini akan diselenggarakan sehari setelah pembukaan Asian Games 2018 yakni 19 hingga 24 Agustus 2018.

Theater Garuda atau yang dikenal juga dengan nama Taman Bhineka Tunggal Ika (TBTI) terletak di ujung miniatur kepulauan Indonesia tepatnya di kepulauan Papua. Gedung yang terdiri dari dua lantai ini mampu menampung kurang lebih 1.500 orang.

© theatergaruda.com
Theater Garuda venue cabor Kabaddi Asian Games 2018 Copyright: theatergaruda.comTheater Garuda venue cabor Kabaddi Asian Games 2018

TBTI merupakan hasil pegembangan Plaza Arciple, yang dulunya Taman Anggrek sebagai jawaban TMII terhadap tuntutan masyarakan yang menginginkan fasilitas pusat pertunjukan dan pameran (Exibition Centre).

Bangunan tersebut menggambil anatomi Burung Garuda yang sedang terbang, paruhnya berfungsi sebagai penerima tamu, badannya digunakan sebagai tempat duduk yang menampung 2.000 kursi, dan ekornya panggung seluas 12 x 18 m, sedangkan sayapnya terbentang berupa bangunan 2 lantai yang multifungsi.

Fasilitas TBTI terdiri dari lahan parkir, toilet, dan juga cafetaria yang luas.

Tak ada hambatan yang ditemui dalam persiapan venue ini. Hanya saja pihak TMII melakukan pengecekan rutin untuk memastikan sarana dan prasana tetap terjaga untuk persiapan Asian Games 2018.

Petinju Pelatnas Asian Games, Valentinus Nahak, Tutup Usia

Terus ikuti berita terbaru sepak bola dan berita olahraga lain di INDOSPORT