Bangkit dari Cedera, Wanita Ini Cetak Rekor Bagi India di Cabang Menembak

Kamis, 23 Agustus 2018 05:48 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Prio Hari Kristanto
© Trendolizer
Rahi Sarnobat Copyright: © Trendolizer
Rahi Sarnobat

INDOSPORT.COM -  Rahi Sarnobat menjadi perempuan India pertama yang meraih emas Asian Games di cabang menembak. 

Perempuan bertubuh gempal ini meraih emas di nomor pistol 25 meter, Rabu (22/08/18). Atlet asal distrik Kolhapur ini menjadi perempuan India pertama yang meraih emas di cabang menembak sepanjang sejarah Asian Games.

Jika menilik prestasinya, sebenarnya pencapaian ini tidak terlalu mengejutkan. Dia meraih emas dua kali di Pesta Olahraga Negara-negara Persemakmuran (Commonwealth Games) pada 2010 di New Delhi dan empat tahun kemudian di Glasgow.

Sementara di Asian Games 2014 Incheon, dia meraih perunggu untuk nomor 25 meter pistol beregu bersama rekannya Anisa Sayyed dan Heena Sndhu.

Tidak berhenti di situ, Sarnobat menjadi penembak perempuan India pertama yang meraih emas di kejuaraan dunia di Changwon pada 2015. Dia direkomendasikan untuk penghargaan atlet terbaik India Arjuna Award oleh asosiasi menembak di negaranya NRAI.

Namun seperti layaknya kisah atlet lainnya, dia pernah dirundung cedera dan harus menempi untuk pemulihan. Dia juga sempat mengalami pasang surut prestasi.

“Laga ini penting bagi saya Pada 2016 saya tidak menembak sepanjang tahun karena saya istirahat akibat cedera. Dari Desember 2016 hingga Januari 2017, saya kembali berkompetisi. Tahun 2017, prestasi saya naik turun. Di ajang internasional saya tak bisa menampilkan yang terbail. Tahun ini di dua kejuaraan dunia saya berada di peringkat keempat dan di ajang satu lagi penampilan saya biasa saja," ujarnya kepada kantor berita PTI sebelum ajang menembak dimulai. 

 

Cabor bulutangkis berhasil sumbangkan medali perak lewat tim beregu putra. Semoga di nomor perorangan cabor bulutangkis dapet sumbangkan banyak medali lagi. #AsianGames2018 #PentAsia2018 #indosport

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti terus berita sepak bola Internasional dan seputar Asian Games 2018, hanya di INDOSPORT.COM