Tim Paralayang Thailand Raih Emas, Ternyata Pelatihnya Orang Bogor

Senin, 27 Agustus 2018 07:47 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tim Paralayang Thailand berhasil meraih medali emas pada ajang Asian Games 2018 kali ini. Kesuksesan mereka, tak lepas dari peran sang pelatih yang menggembleng mental para atlet-atlet Thailand.

Namun, usut punya usut, ternyata pelatih yang berhasil membawa tim paralayang Gajah Putih meraih medali emas ini, adalah orang asli Indonesia, lebih tepatnya orang Bogor.

"Saya masih warga negara Indonesia, saya belum mencabut kewarganegaraan saya," ujar Kepala Pelatih Tim Nasional Thailand Untung Andika Setiawan dilansir Antaranews.

Pada awalnya, Andika seorang warga negara Indonesia biasa yang memiliki sebuah pekerjaan dalam dunia Paralayang dan Paragliding. Namun, saat Thailand mulai mengembangkan olahraga tersebut, ia sedikit demi sedikit memberikan kontribusinya pada Thailand.

Tahun 2011 merupakan tahun yang diibaratkan sebagai pintu masuk karir pria kelahiran 1974 bersama Thailand. Berawal dari SEA Games 2011, kala itu ia diharuskan mencari negara-negara peserta yang mau berpartisipasi pada cabang paralayang. Thailand terpilih kala itu, untuk menjadi partisipan.

"Karena Thailand dan Indonesia mempunyai hubungan baik sejak SEA Games, sampai sekarang kita bersama-sama mengembangkan olahraga Paralayang di Negara Asia melalui Asian Games,"

Pengalamannya yang sudah memasuki tahun ke-20, membuat ia dipercayai untuk melatih tim Paralayang Thailand pada Asian Games 2018.

Kehidupan sehari-harinya, tak lepas dari perjalanan udara ke tiga negara, Indonesia, Malaysia dan Thailand. Negeri Jiran sendiri, merupakan tempat tinggal sang istri, Melisa Goh Abdullah.

Penulis: Ridi F Khan

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT