Perusahaan Jack Ma Jadi Salah Satu Alasan e Sports Hadir di Asian Games 2018

Sabtu, 1 September 2018 10:27 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Jack Ma, pemilik Alibaba Group yang akan hadir di penutupan Asian Games 2018. Copyright: © Getty Images
Jack Ma, pemilik Alibaba Group yang akan hadir di penutupan Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Ada banyak hal baru yang muncul dalam ajang Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Salah satunya adalah mulai diikutsertakannya kompetisi game atau e Sports untuk kali pertama sebagai salah satu cabang olahraga di Asian Games. 

Terlepas kontroversi yang sempat mengemuka soal layak atau tidaknya e Sports digolongkan sebagai olahraga, namun pencapaian e Sports masuk ke panggung Asian Games tetap menjadi hal yang mengagumkan.

Pihak yang sukses membidani lahirnya e Sports pada gelaran Asian Games 2018 pun agaknya juga perlu jadi sorotan.

Pihak yang paling getol menginginkan e Sports untuk dipertandingkan di Asian Games 2018 itu adalah Alisport, salah satu anak perusahaan Alibaba Group yang didirikan oleh Jack Ma. 

Alisport sendiri merupakan divisi olahraga milik Alibaba yang mengurusi segala hal terkait event-event olahraga digital mulai dari hak siar hingga pengembangan bisnis.

Pada 2017 lalu CEO Alisport Zhang Dazhong dan Presiden OCA Ahmad Fahad Al-Sabah mengumukan kerjasamanya. Hal itu pun membuka peluang bagi e Sports untuk tampil di ajang olahraga internasional ke depannya seperti Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang dan Asian Games 2022 di Hangzhou, China. 

Anak perusahaan yang berdiri sejak 2015 silam itu juga diketahui tak tanggung-tanggung dalam membiayai pengembangan e Sports. 

Diketahui, Alisport hendak menggelontorkan 150 juta dolar AS atau sekitar 2 triliun rupiah agar e Sports dapat diakui keberadaan di kancah olahraga dunia.  

Alisport juga diketahui telah semenjak 2016 lalu menciptakan turnamen e Sport sbernama World Electronic Sports Games (WESG) yang menghadiahkan pemenangnya 5,5 juta dolar AS atau 73,3 milyar rupiah yang menjadi salah satu yang terbesar di e Sports.

Pemilik Alisport sendiri, Jack Ma, akan hadir di penutupan Asian Games 2018. Sejak Jumat (31/08/18) diketahui Jack Ma sudah berada di Palembang dan mengalungkan medali perak kepada timnas sepak bola putri China.

Penulis: Bagas Rahadian

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT