Pekan Olahraga dan Seni Politeknik se-Indonesia Kembali Digelar

Senin, 3 September 2018 18:35 WIB
Editor: Isman Fadil
© Humas Porseni XII 2018
Acara pembukaan PORSENI Politeknik XII 2018. Copyright: © Humas Porseni XII 2018
Acara pembukaan PORSENI Politeknik XII 2018.

INDOSPORT.COM - Usai para atlet profesional bertanding di perhelatan pesta olahraga terbesar Asia, Asian Games 2018, kini giliran para mahasiswa Politeknik Negeri/Swasta Indonesia yang akan menunjukkan kehebatannya dalam PORSENI XII 2018.

Pekan olahraga dan seni Politeknik se-Indonesia (PORSENI) 2018 kembali digelar. Kini, kota Jakarta berkesempatan untuk menjadi tuan rumah ajang multi event olahraga bergengsi di kalangan mahasiswa Politeknik Indonesia.

Sebagai informasi, Porseni ini ajang yang digelar dua tahun sekali dan merupakan titik kulminasi kegiatan perolahragaan dan seni dalan rangka peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga dan seni mahasiswa Politeknik se-indonesia.

Dengan mengusung tema “Melalui PORSENI kita tingkatkan Sportivitas dan Kreativitas Mahasiswa Politeknik untuk mewujudkan Daya Saing Bangsa”, Politeknik Negeri Jakarta bersinergi dengan Politeknik Negeri Media Kreatif.

© Humas Porseni XII 2018
Para Atlet PORSENI Politeknik 2018. Copyright: Humas Porseni XII 2018Para Atlet PORSENI Politeknik 2018.

Porseni yang ke-12 ini sudah dibuka sejak Senin (03/09/18) pagi tadi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, serta dihadiri beberapa pejabat seperti Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir dan Menteri Desa Tertinggal.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan juga memberikan ucapan selamat datang kepada kontingen.  Selain itu Direktur PNJ, Abdillah dan Direktur Polimedia, Dr. Purnomo Ananto turut hadir memberikan laporan selaku tuan rumah pelaksana.

© Humas Porseni XII 2018
Menpora Imam Nahrawi hadir pada acara pembukaan PORSENI Politeknik XII 2018. Copyright: Humas Porseni XII 2018Menpora Imam Nahrawi hadir pada acara pembukaan PORSENI Politeknik XII 2018.

Dalam pembukaan tersebut tentu tak lupa Direktur dan Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Politeknik Se-Indonesia ikut hadir. PORSENI 2018 ini pun total diikuti oleh kurang lebih 2500 peserta, yang terdiri dari 1810 atlet, ofisial dan panitia.

Upacara pembukaan pagi tadi dimeriahkan oleh 50 penari tradisional yang berasal dari mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta dan Politeknik Negeri Media Kreatif. Dan juga diisi dengan penampilan vokal grup serta Parade Marching band dan Parade Kontingen peserta.

© Humas Porseni XII 2018
Salah satu atlet raih medali emas saat berpidato. Copyright: Humas Porseni XII 2018Salah satu atlet raih medali emas saat berpidato.

Terdapat 11 cabang olahraga dan 6 cabang seni yang dipertandingkan dalam PORSENI kali ini. Kesebelas cabor tersebut adalah atletik, basket, futsal, bulutangkis, catur, panjat tebing, voli, tenis meja, karate, pencak silat dan Taekwondo. Sedangkan cabang seni antara lain Nyanyi Solo, puisi, karikatur, fotografi, kaligrafi, dan monolog dengan 87 nomor pertandingan.

Venue atau arena yang digunakan pada kegiatan PORSENI antara lain Stadion UI, Gymnasium UI, FT UI, GOR Ciracas, PKP Ciracas, GOR Kramatjati, Taufik Hidayat Arena, Aula PNJ, Aula TGP PNJ, GSG PNJ dan Aula Polimedia.

Dengan digelarnya PORSENI XII 2018 ini diharapkan dapat meningkatkan Sportivitas dan Kreativitas Mahasiswa Politeknik dan juga menjunjung kesatuan dan perdamaian olahraga pada seluruh pemuda/i Indonesia.

Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana