Korea Bersatu akan Ajukan Diri sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032

Rabu, 12 September 2018 21:14 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Korea Selatan berencana mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2032 bersama Korea Utara. Proposal terkait hal tersebut akan dibicarakan saat kedua negara menghadiri pertemuan bilateral di Pyongyang pekan depan.

Dilaporkan Yonhap News, proposal akan dibuat oleh Menteri Olahraga Korea Selatan, Do Jong-hwan, di sela-sela waktunya menemani Presiden Moon Jae-in kunjungan kerja ke Korea Utara pekan ini. Dua ibu kota masing-masing negara pun dipilih menjadi penyelenggara.

“Saya berencana membuat proposal ini untuk Korea Utara atas nama perdamaian. Seoul dan Pyongyang akan menjadi tuan rumah,” kata Do seperti dilansir AFP.

Pembicaraan terkait hal serupa sudah pernah terjadi sebelumnya pada tahun 1988 silam. Akan tetapi, negosiasi tidak berjalan lancar dan pada akhirnya batal lantaran kedua belah pihak tidak dapat menemukan titik terang soal pembagian tugas.

Pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Bersatu berkompetisi bersama dalam cabang olahraga hoki es putri. Kesempatan besar untuk tampil bersama di Olimpiade selanjutnya di Tokyo pun masih terbuka lebar.

Sementara itu, Do juga mengatakan bahwa pihaknya akan melihat kemungkinan apakah kedua negara juga dapat mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama China dan Jepang.

Do berharap sejumlah langkah yang sedang dipertimbangkan pihaknya tersebut dapat membawa manfaat dan kebaikan bagi seluruh pihak terkait, terlebih lagi bagi negara Korea Bersatu.

“Dengan ini, kami dapat mempertahankan momentum yang sudah ada dan menjaga perdamaian di Semenanjung Korea demi seluruh daerah yang ada,” pungkasnya.

Terus Ikuti Berita Olahraga Terbaru dan Terunik Hanya di INDOSPORT.