Komunitas Sehat

3 Olahraga Praktis Yang Buat Otot Kuat dalam Waktu Singkat

Selasa, 25 September 2018 17:51 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Ilustrasi gym. Copyright: © Getty Images
Ilustrasi gym.

INDOSPORT.COM - Pembentukan otot pada tubuh harus melewati proses yang panjang. Tidak hanya latihan, makanan dan asupan gizi pun harus diperhatikan. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada jalan keluarnya.

Untuk Anda yang mempunyai waktu olahraga yang sempit, namun butuh untuk menguatkan otot-otot tubuh Anda agar dapat tampil dalam kondisi yang prima.

Berikut INDOSPORT rangkum tiga olahraga praktis yang membuat otot kuat secara cepat.

Kettlebell Swing

© Coach Mag
Kettlebell Swing Copyright: Coach MagKettlebell Swing

Gerakan ini akan membuat otot-otot bagian belakang tubuh, seperti punggung dan bokong akan terasa lebih kencang. Caranya sederhana, pertama, siapkan kettbell sebagai alat, lalu pegang kettbell dengan kedua tangan Anda lalu berdiri dan letakkan kettbell di posisi tengah. Buka kaki Anda sedikit lebih lebar daripada bahu, dan ayunkan kettbell sampai setinggi dada dengan menekuk lutut sedikit.

Gerakan ini juga berguna untuk memacu sistem kardiovaskular bekerja lebih baik.

Deadlifts

© Les Mils
Deadlifts Copyright: Les MilsDeadlifts

Gerakan olahraga ini cocok untuk Anda yang ingin membentuk otot bokong agar terlihat lebih kencang dan lebih berbentuk.

Menggunakan barbell sebagai media. Gerakan ini akan membuat salah satu kelompok otot terbesar di tubuh, otot glutes atau otot bokong akan terbentuk secara cepat.

Caranya letakkan sebuah barbell di lantai, lalu berdiri dengan kaki direntangkan selebar bahu lalu lutut sedikit ditekuk. Tanpa mengubah posisi lutut, tekan posisi pinggul dan turunkan badan ke arah lantai, angkat barbell secara berulang.

Resisted Bird Dog

© Advanced Human Performance
Resisted Bird Dog Copyright: Advanced Human PerformanceResisted Bird Dog

Jika tidak terbiasa, maka olahraga praktis ini akan menimbulkan rasa pegal yang luar biasa. Namun, di sisi lain, olahraga ini mampu membuat otot-otot inti dan otot bokong terasa lebih kencang.

Siapkan matras sebagai alas, lalu lakukan posisi merangkak. Kemudian luruskan tangan dan kaki secara bersilangan, jika tangan kanan yang di luruskan, maka secara bersamaan kaki kiri yang diluruskan, begitupun sebaliknya. Ketika meluruskan tangan dan kaki, usahakan Tarik secara maksimal.

Ketika melakukan gerakan tersebut, pastikan posisi kepala Anda dalam keadaan stabil dan lurus. Lakukan hingga 5-10 menit.

Ikuti Terus Berita Olahraga Nasional dan Internasional di INDOSPORT.COM