Beda dengan Kemarin, Etape Kedua ITDBI 2018 Bakal Menguras Stamina Pembalap

Kamis, 27 September 2018 13:00 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Prio Hari Kristanto
© Fitra Herdian/indosport.
Marcus Culey berada diposisi pertama. Copyright: © Fitra Herdian/indosport.
Marcus Culey berada diposisi pertama.

INDOSPORT.COM - Etape kedua Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2018 dimulai hari ini, Kamis (27/09/18) dengan dibuka oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Berbeda dengan etape pertama, di balapan kali ini pembalap dituntut untuk mengatur stamina karena jarak tempuh yang bertambah.

Etape kedua ITDBI 2018 dimulai dari Kalibaru dan finis di Kantor Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi. Pada etape kedua ini para pembalap akan menempuh jarak sepanjang 179,3 kilometer. Lebih panjang 26,2 kilometer daripada etape pertama.

Namun meskipun jarak di etape kedua ini lebih panjang, medan yang bakal dilalui tidak se-ekstrim saat etape pertama kemarin. Pada etape kedua ini medan jalan bakal didominasi dengan jalanan datar nan panjang.

Di sinilah skill para pembalap bakal diuji yakni skill adu cepat alias sprint untuk menaklukkan etape kedua ini. Selain itu mengatur stamina di etape kedua ini juga sangat diperlukan bagi semua pembalap.

Jika tak pintar dalam mengatur stamina bisa jadi pembalap kelelahan lantaran panas yang saat ini cukup menyengat di Kabupaten Banyuwangi. Sementara itu balapan di etape kedua ini diikuti sebanyak 83 pembalap. Jumlah ini berkurang 9 orang dari total 92 pembalap.

© Fitra Herdian/indosport.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat melepas pembalap dietape kedua. Copyright: Fitra Herdian/indosport.Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, saat melepas pembalap di etape kedua.

Di posisi pertama ada pembalap sepeda asal Australia, Marcus Culey, dari tim St George Continental Cycling. 

Keberhasilan Culey menempati barisan pertama di etape kedua ini lantaran pada etape pertama kemarin, Rabu (26/9/18) ia berhasil menjadi yang tercepat.

Culey berhasil mendapatkan jersey kuning lantaran berhasil juara pertama dengan catatan waktu 3:42:22. Sementara di belakang Culey sudah ada dua rekan setimnya yang pada etape pertama kemarin berhasil meraih peringkat kedua dan ketiga.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM