Jelang Asian Para Games 2018, Transportasi Sudah Siap

Sabtu, 29 September 2018 17:01 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INAPGOC
Atlet difabel mengikuti simulasi transportasi persiapan penyelenggaraan Asian Para Games 2018. Copyright: © INAPGOC
Atlet difabel mengikuti simulasi transportasi persiapan penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

INDOSPORT.COM - Hitungan mundur untuk pembukaan Asian Para Games tinggal menghitung hari saja, berbagai persiapan yang dikomandoi oleh Panitia Pelaksana Indonesia Para Games (INAPGOC) sudah mulai dirampungkan.

INAPGOC meyakini transportasi untuk Asian Para Games yang ketiga di Jakarta, 6-13 Oktober sudah siap beroperasi.

Berbagai pihak seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub), TransJakarta, Dinas Perhubungan, Kementerian Sosial, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pariwisata, Damri, hingga kepolisian sudah saling bersinergi untuk sukseskan pesta olahraga untuk penyandang disabilitas.

“INAPGOC mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh Kemenhub, Pemda Jakarta, Polri. Kami yakin transportasi sudah bisa diatasi,” tutur Tony Effendi, Wakil Direktur Transportasi INAPGOC dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

Agar persiapan yang berkaitan dengan transportasi semakin matang, simulasi pada Selasa (25/09/18) sudah dilakukan dan sesuai harapan. Fasilitas angkutan bus bagi atlet disabilitas maupun perjalanan dari wisma para atlet menuju venue tempat pertandingan sudah bisa dikatakan baik.

© INAPGOC
Atlet difabel mengikuti simulasi transportasi persiapan penyelenggaraan Asian Para Games 2018. Copyright: INAPGOCAtlet difabel mengikuti simulasi transportasi persiapan penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

Pada saat simulasi, waktu tempuh dari Wisma Para Atlet Kemayoran ke Komplek Gelora Bung Karno hanya 35 menit. Artinya sudah lebih 20 menit dari waktu maksimal yang ditetapkan oleh Asian Paralympic Committee (APC).

Suksesnya simulasi tak lepas dari lima trainer yang telah memberikan pelatihan dan pembekalan kepada 1.500 orang yang akan bertugas demi melancarkan transportasi. Pertugas-petugas itu terdiri dari volunteer sebanyak 600, field worker 600, dan driver 300.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui TransJakarta telah bekerja sama dengan Blue Bird, Perum Damri, dan Kementerian Pariwisata merilis bus Wonderful Indonesia. Pada nantinya, akan ada 100 bus yang bakal jadi moda transportasi atlet Asian Para Games yang ketiga.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Para Games 2018 hanya di INDOSPORT