Lika-liku Menjadi Volunteer Asian Para Games 2018

Minggu, 7 Oktober 2018 15:17 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Roihan Susilo Utomo/Indosport.com
Volunteer Asian Para Games 2018. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/Indosport.com
Volunteer Asian Para Games 2018.

INDOSPORT.COM – Dalam sebuah ajang yang besar sudah pasti volunteer atau sukarelawan sangat dibutuhkan untuk turut serta menyukseskannya.

Tidak hanya Asian Games 2018 saja yang ada volunteer, pesta olahraga khusus penyandang disabilitas juga turut diramaikan oleh para sukarelawan.

Dalam Asian Para Games 2018 ini, sebanyak 7.500 volunteer disiapkan untuk menyukseskan ajang tersebut. Dari ribuan sukarelawan tersebut, salah satunya adalah Nuke Helnaz.

Ketika dihubungi INDOSPORT, Nuke menceritakan kisahnya saat terpilih menjadi volunteer. Ia mengaku mengetahui Asian Para Games 2018 membuka volunteer melalui akun Instagram, merasa tertarik, ia pun akhirnya mendaftarkan diri.

Tak disangka-sangka, Nuke ternyata terpilih menjadi volunteer Asian Para Games 2018 bersama 7.500 orang lainnya. Setelah terpilih, dirinya pun mulai dikumpulkan bersama volunteer lainnya dan mengikuti sejumlah pelatihan.

Pelatihannya sendiri berlangsung beberapa minggu sebelum perhelatan bergulir. Tepatnya pada 17-20 September lalu. Usai terpilih dan mengikuti pelatihan, barulah setiap sukarelawan diberikan ke bagikan tugasnya masing-masing. Nuke pun ditempatkan di venue akuatik.

“Saya ditempatin di venue akuatik. Tugasnya ya ngurusin segala kebutuhan yang ada di venue. Kayak menyediakan ruangan, ngatur flow penonton VVIP, dan masih banyak lagi,” kata Nuke.

"Kita pengurus venue itu sama sekali tidak mengurusi atlet, soalnya itu sudah jadi tanggung jawab LO (liaison officer)," tambahnya menjelaskan.

Masa kerja dari Nuke di venue akuatik sendiri kurang lebih selama dua minggu. Tepatnya sejak 30 September hingga 14 Oktober 2018 mendatang.

Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana.

Terus Ikuti Berita Olahraga, Sepak Bola, dan Serba-Serbi Asian Para Games 2018 Hanya di INDOSPORT.