5 Tips Memilih Perlengkapan Olahraga yang Tepat

Jumat, 11 Januari 2019 16:24 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Arum Kusuma Dewi
© hellosehat.com
Ketika berolahraga, pilih pakaian nyaman dan menyerap keringat. Copyright: © hellosehat.com
Ketika berolahraga, pilih pakaian nyaman dan menyerap keringat.
Pemilihan Bahan dan Ukuran Pakaian

1. Pemilihan Bahan

Pemilihan bahan untuk pakaian maupun apa pun yang kita kenakan saat olahraga itu sangat penting. Jika salah pilih, bukan tidak mungkin kita akan merasa tidak nyaman sepanjang waktu dan kehilangan konsentrasi.

Pilih bahan yang bisa membuat kulitmu bernapas. Sejumlah bahan yang direkomendasikan adalah polyster, spandec, dan lycra.

Pakaian dengan bahan-bahan tersebut tentu sudah sangat mudah ditemukan di toko-toko penjual apparel olahraga.

Bahan katun yang halus memang bisa digunakan tapi sangat tidak disarankan, apalagi saat pergi ke gym. Katun tidak bisa memberikan kelembaban dan bahannya tidak mudah kering.

Alih-alih membiarkan kulit bernapas, kita malah membuatnya menderita lantaran keringat yang menempel. Ujung-ujungnya, selain tidak nyaman, kita juga bisa mengalami iritasi dan gangguan kulit lainnya.

2. Ukuran Pakaian

Tidak kalah dengan pemilihan bahan, pemilihan ukuran pakaian juga sangat penting. Jika kita tidak menggunakan pakaian dengan ukuran tepat, pergerakan kita pun juga akan terganggu.

Di saat banyak orang yang tergoda untuk memilih pakaian longgar, sebenarnya sangat disarankan untuk memilih pakaian dengan ukuran pas badan – tentu saja jangan yang terlalu ketat.

Baju atau celana longgar malah bisa menghambat aktivitas kita ketika berolahraga. Oleh karena itu, pilih pakaian pas yang lekukannya bisa mengikuti gerak badan.

Meski demikian, bukan berarti kita tidak bisa menggunakan pakaian longgar, ya. Hal itu sah-sah saja selama tidak terlalu kebesaran.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%