Rajin Berolahraga, Wanita Ini Pulih dari Penyakit Anoreksia

Kamis, 24 Januari 2019 18:52 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
© Daily Record
Mhairi Stewart, binaragawan yang sempat menderita anoreksia Copyright: © Daily Record
Mhairi Stewart, binaragawan yang sempat menderita anoreksia

INDOSPORT.COM – Seorang binaragawati, Mhairi Stewart, mengungkapkan bahwa ia pernah berjuang dalam melawan penyakit Anoreksia yang sempat dideritanya.

Anoreksia merupakan sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan memiliki rasa takut yang berlebihan terhadap bertambahnya berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang.

Stewart telah mengungkapkan bagaimana hal paling buruk yang ia lakukan ialah hanya makan sekitar 300 kalori sehari, padahal batas normal asupan kalori pada tubuh manusia ialah 2000 - 2500 kalori, dan membuat tubuhnya mengalami penurunan sebanyak 31 kilogram.

Ibunya bahkan rela tidur dilantai hanya untuk mengawasi putrinya karena sewaktu-waktu Stewart bisa meninggal kapan saja. Titik puncak penyakitnya adalah pada bulan Juli 2015 ketika ia dirawat di klinik gangguan makan dengan kondisi kritis, dan harapan hidupnya menipis.

© Daily Record
Perubahan Stewart saat menderita dan pulih dari Anoreksia Copyright: Daily RecordPerubahan Stewart saat menderita dan pulih dari Anoreksia

"Saya paranoid tentang membakar setiap kalori. Saya berjalan di mana-mana, menghabiskan setidaknya empat jam di gym setiap hari melakukan kardio, dan beberapa olahraga lainnya. Makanan saya terdiri dari 20 gram bubur, protein shake, apel, putih telur, dan salad,” tuturnya kepada Daily Record.

Namun, Stewart mulai sadar dan melakukan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga dan makan dengan asupan gizi yang cukup. Pada Juli 2017 ia menyelesaikan kualifikasi kesehatan dan kebugaran dan mulai bekerja sebagai personal trainer atau pelatih kebugaran pribadi.

"Itu tidak akan terjadi dalam semalam, akan ada kesulitannya. Saya tidak melakukan ini sendirian, saya mendapat dukungan dari beberapa orang yang sangat istimewa, teman dan orang-orang terkasih. Tidak ada yang salah dengan meminta bantuan,” tutupnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM