6 Istilah yang Wajib Diketahui Pemain Game eSports Mobile Legends:Bang Bang (Part 1)

Senin, 6 Mei 2019 13:55 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© internet
Game eSports Mobile Legends: Bang Bang Copyright: © internet
Game eSports Mobile Legends: Bang Bang

INDOPSORT.COM - Dalam game bergenre MOBA (Multiplayer Battle Online Arena) seperti game eSports Mobile Legends: Bang Bang, perlu adanya kerja sama tim dan koordinasi yang baik dalam setiap permainan. Termasuk didalamnya komunikasi yang intens agar tim dapat meraih kemenangan.

Dalam berkomunikasi, tidak jarang para player Mobile Legends menggunakan istilah-istilah tertentu, yang tentunya berguna agar maksud yang ditujukan tidak salah kaprah.

Namun, kadang banyak istilah- istilah ini membuat bingung para pemain pemula, terutama yang sering bermain solo. 

Untuk itu, berikut tim portal berita olahraga INDOSPORT rangkum beberapa istilah yang sangat familiar dalam game besutan Moonton ini.

1. AFK (Away From Keyboard)

Istilah ini datang dari pemain game MOBA yang bermain di PC. Pemain MOBA yang menggunakan PC selalu menggunakan Keyboard sebagai media bermain.

Dari istilahnya pasti sudah dapat ditebak, bahwa AFK adalah istilah untuk menyebut pemain yang keluar dari permainan atau pemain yang secara sengaja tidak menggerakkan heronya. Hal ini terjadi bisa karena hilangnya koneksi atau karena memang sengaja mau merugikan tim.

2. GG (Good Game)

Berbeda dengan AFK, istilah ini untuk memberikan apresiasi kepada kawan maupun lawan yang bermain apik. Bisa juga didapatkan pemain lain misal pemain tersebut mampu bermain apik dengan bermain secara efektif dan objektif (baik dalam perolehan kill, teamwork, maupun tower).

3. Early Game, Mid Game, Late Game

Dalam Mobile Legends, ada tiga fase yang harus dimengerti oleh para pemainnya. Yakni, Early game (awal game), Mid game (pertengahan), Late game (menit-menit terakhir).

Untuk mempermudah, ketiga fase ini bila dijadikan dalam menit maka:

- Early Game (mulai hingga menit kedua): pemain harus bersihkan creep dan usahakan mampu mencapai level 4 agar mempunyai skill ultimate

- Mid Game (menit kedua hingga menit ke-10): disini pemain harus aktif untuk melakukan ganking dan menguasai lane-lane (jalur) untuk menghancurkan tower. Dimenit ini 1-2 item core (inti) pemain biasanya sudah terbeli.

- Late Game (menit ke 10 hingga Selesai): biasanya level setiap hero akan full dan semua item sudah terbeli. Tinggal mengolah strategi untuk melakukan war dan mengahncurkan tower terakhir.

4. Ganking

Istilah Ganking berasal dari kata Gank yang artinya berkelompok. Dalam Mobile Legends, istilah ini dipakai untuk mengajak teman setim mengeroyok lawan yang sedang sendiri atau berdua. Ini akan membawa keuntungan bagi tim agar bisa menguasai lane.

5. Buff

'Let me take a buff' atau 'saya ambil buff' sering terlihat di atas layar kala tengah bermain. Namun tahukah apa buff itu? Buff semacam stats tambahan untuk hero yang dipakai. Dapat berupa level ataupun gold tambahan yang menguntungkan hero tersebut. Biasanya buff didapatkan di monster hutan yang tersebar di area pertempuran.

6. Jungling

Istilah ini dipakai pemain yang berposisi sebagai Carry (pemain inti) dalam tim yang harus memiliki gold yang banyak dan level yang tinggi.

Biasanya untuk melakukan Jungling, pemain menggunakan spell retribution yang akan memudahkan pemain untuk membunuh monster hutan. Monster hutan muncul tiap dua menit sekali, jadi pemain harus siap-siap agar monster tidak tercuri oleh musuh dan akan menguntungkan musuh.

Itulah istirlah-istilah yang familiar dalam game Mobile Legends ini. Masih banyak istilah lain yang harus dimengerti oleh pemain agar mampu berkomunikasi dengan tim secara mudah

Terus Ikuti eSports dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%