3 Olahraga yang Dianjurkan Ustaz Arifin Ilham Semasa Hidupnya

Kamis, 23 Mei 2019 00:13 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Ustaz Arifin Ilham berpulang ke pangkuan Allah SWT. Berikut 3 olahraga yang dianjurkan Ustaz Arifin Ilham semasa hidupnya. 

Ustaz Arifin Ilham baru saja dikabarkan meninggal dunia. Kabar duka tersebut pertama disampaikan oleh putra beliau, Muhammad Alvin Faiz melalui akun instagramnya. 

"Innalillahiwainnailaihirojiun. Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham. Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah swt, aamiin," tulisnya. 

Kabar tersebut juga dibenarkan oleh Ustaz Yusuf Mansur tak lama berselang. "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji'uun. Saya barusan konfirmasi lbh lanjut ke Adik beliau. Mhn doanya. Husnul khatimah. Yakin. Aamiin," tulis Ustaz Yusuf Mansur di instagramnya. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Yusuf Mansur (@yusufmansurnew) on

Selanjutnya, jenazah Ustaz Arifin Ilham akan diterbangkan dari Malaysia ke Indonesia pada Kamis (23/05/19). Rencananya Ustaz Arifin Ilham akan dimakamkan di Pesantren Azzikra, Gunung Sindur, Bogor, Jawa barat. 

Sebelum meninggal dunia, Ustaz Arifin Ilham sempat dirawat di Jakarta, kemudian pindah ke rumah sakit yang ada di Penang, Malaysia. Ustaz Arifin Ilham sempat kritis dan dirawat di ICU sebelum menghembuskan nafas terakhirnya. 

Semasa hidupnya, Ustaz Arifin Ilham dikenal sebagai ulama yang rajin berolahraga di sela-sela kegiatan dakwahnya. Beliau juga mengunggah kegiatan olahraga yang ia lakukan serta tak lupa menyampaikan manfaat dari olahraga tersebut sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW dalam hadits. 

Berikut 3 olahraga yang dianjurkan oleh Ustaz Arifin Ilham semasa hidupnya. 

Berkuda

Berkuda adalah salah satu olahraga yang dilakukan Ustaz Arifin Ilham. Ustaz Arifin Ilham juga pernah melakukan olahraga berkuda bersama presenter Arie Untung. 

Olahraga berkuda yang dilakukan Ustaz Arifin Ilham sesuai ajaran dari Nabi Muhammad SAW dan juga tertulis di dalam Al Quran. 

Allah berfirman, “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yg kamu sanggupi dan dari (pemeliharaan) kuda-kuda yg ditambat untuk berperang (yg dg persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah,..." (QS Al Anfal 60). 

"Demi kuda perang yg berlari kencang dg terengah-engah, dan kuda yang mencetuskan api dg pukulan (kuku-kukunya), dan kuda yg menyerang dg tiba-tiba di waktu pagi, maka ia menerbangkan debu, dan menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh,..." (Qs Al 'Aadiyaat 1-6). 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bang Muhammad Arifin Ilham (@kh_m_arifin_ilham) on

Memanah

Selain berkuda, olahraga lain yang kerap dilakukan oleh Ustaz Arifin Ilham adalah memanah. Ustaz Arifin Ilham juga mengajak istrinya saat sedang berolahraga memanah.

Olahraga memanah bersama istri yang dilakukan oleh Ustaz Arifin Ilham tersebut juga sesuai hadits Nabi Muhammad SAW.  

"Dari Amirul Mu'minin, Umar al-Faruq ibn al-Khattab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Semua hal yg melalaikan dibenci Allah kecuali TIGA HAL :
1. Kemesraan suami istri,
2. Memanah, dan
3. Berkuda"

Berenang

Satu lagi olahraga yang dilakukan oleh Ustaz Arifin Ilham sesuai anjuran Rasulullah SAW adalah berenang. Seperti yang tertera dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim. 

“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (HR Bukhari Muslim). 

Itulah 3 olahraga yang dianjurkan dan dilakukan oleh Ustaz Arifin Ilham semasa hidupnya. Olahraga tersebut tak hanya menyehatkan bagi tubuh, tetapi juga sebagai salah satu bentuk syukur kepada Allah SWT serta menjalankan sunnah dari Nabi Muhammad SAW. 

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM