Agar Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, KOI Harap Indonesia Lakukan Ini

Senin, 27 Mei 2019 15:55 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INASGOC
Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, berharap Indonesia bisa lebih mempersiapkan diri jika ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Copyright: © INASGOC
Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, berharap Indonesia bisa lebih mempersiapkan diri jika ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

INDOSPORT.COM - Komite Olimpiade Indonesia (KOI), berharap Indonesia menyelenggarakan kompetisi tingkat internasional demi mendukung rencana menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Menurut Ketua Umum KOI, Erick Thohir, para atlet Indonesia sudah menunjukkan peningkatan signifikan di kancah olahraga dunia. Lalu Muhammad Zohri berhasil lolos ke Olimpiade 2020 dan Egy Maulana Vikri memperkuat klub sepak bola Polandia, Lechia Gdansk.

Dengan menggelar banyak cabang olahraga tingkat internasional di Tanah Air, Erick yang juga seorang pengusaha muda tersebut berharap Indonesia bisa menunjukkan prestasi yang lebih banyak lagi.

"Untuk menjadi tuan rumah bukan hanya menyiapkan fasilitas, tapi juga prestasi. Untuk itu, kami berharap cabang olahraga banyak menggelar kejuaraan internasional di Tanah Air," ujarnya seperti dilansir dari laman portal berita Antara.

"Yang jelas, prestasi atlet kita harus mendunia. Momen Asian Games 2018 membuat level olahraga kita naik. Jadi, tidak mustahil kita bisa bersaing untuk menjadi tuan rumah olimpiade," pungkasnya.

Dengan menggelar kompetisi bertaraf internasional, Indonesia akan mendapat banyak keuntungan, termasuk menambah pengalaman menggelar event besar, yang sebelumnya sudah terbukti sukses saat Asian Games 2018 lalu.

Langkah Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 pun nampak semakin nyata setelah digelar pertemuan antara presiden Dewan Olimpiade Dunia (IOC), Thomas Bach, dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga didampingi Erick Thohir.