Carstensz Engka, Pendaki Muda yang Sukses Taklukkan Piramida Carstensz

Senin, 15 Juli 2019 20:41 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dokumentasi Pribadi
Carstensz Rex Engka saat sukses mendaki puncak gunung Carstensz. Copyright: © Dokumentasi Pribadi
Carstensz Rex Engka saat sukses mendaki puncak gunung Carstensz.

INDOSPORT.COM – Carstensz Engka, salah satu pendaki termuda yang pernah menaklukkan puncak Piramida Carstensz di umurnya 16 tahun, pada Jumat (12/09/19) lalu.

Dengan didampingi oleh dua guide senior, Mohammad Hatta dan Juan Joshua Langkun, Engka mampu mencapai puncak gunung yang termasuk ke Barisan Sudirman itu dengan ketinggian 4.884 m diatas permukaan laut.

Marlita Rumagit, ibu dari Carstensz mengungkapan bahwa putranya hanya membutuhkan dua hari latihan bagi Engka untuk siap memulai pendakiannya.

“Karena dia (Engka) aktif main bola, jadi kita percaya fisiknya sudah bagus. Hanya perlu dilatih ascending pemanjatan di Gunung Batu (selama) 2 hari,” ujar Marlita kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Mulai keberangkatan dari Timika pada Sselasa (10/09/19), Engka tiba di Base camp Yellow Valley menggunakan helikopter. Udara dingin menjadi permasalahan utama yang dihadapi pendaki muda itu.

“Masalahnya sih melawan dingin, sempat terkurung juga sama badai pas di basecamp,” lanjutnya.

Start mendaki dari Base camp pukul 04.00 WIT, membutuhkan waktu 8 jam bagi Engka untuk tiba di puncak satu-satunya gletser tropika di Indonesia itu.

Diketahui, sebelum sukses duduki puncak Cartensz Pyramid, Carstensz Engka juga berhasil mencapai puncak Gunung Mahawu dan Gunung Soputan.

Penulis: Maharani Adhyarianti

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%