Batal Digelar di Papua, Popnas dan Peparpenas Dialihkan ke Tempat Lain

Minggu, 25 Agustus 2019 07:25 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Dok Disorda Papua
Plt Kadisorda Provinsi Papua, Alexander Kapisa saat menyampaikan kesiapan Papua sebagai Tuan rumah Popnas XV dan Peparpenas IX dalam Rapat Koordinasi Panitia Penyelenggara Popnas, di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta. Copyright: © Dok Disorda Papua
Plt Kadisorda Provinsi Papua, Alexander Kapisa saat menyampaikan kesiapan Papua sebagai Tuan rumah Popnas XV dan Peparpenas IX dalam Rapat Koordinasi Panitia Penyelenggara Popnas, di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta.

INDOSPORT.COM - Permohonan Pemerintah Provinsi Papua untuk memindahkan dua event olahraga nasional menjelang PON XX yakni Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV 2019 dan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) IX 2019 akhirnya disetujui.

Diungkapkan Pelaksana tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alex Kapissa, pihaknya baru saja bertemu dengan sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Jakarta untuk membahas perihal tersebut.

Kata Kapissa, Kemenpora sudah menyetujui surat permohonan pemindahan event Popnas XV dan Peparpenas IX tersebut yang diajukan oleh pemerintah Provinsi Papua yang ditandatangani Gubernur Lukas Enembe.

“Secara resmi, pemerintah dalam hal ini Kemenpora, dapat memahami latar belakang permohonan tersebut dan sudah menyetujui permintaan Bapak Gubernur. Saya juga sudah menerima surat pemberitahuan dari Sesmenpora yang ditujukan kepada Kepala Dispora seluruh Indonesia,” jelas Kapissa, Sabtu (24/8/19).

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, dalam isi surat yang dilayangkan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga mengatakan tingkat pembangunan sejumlah venue yang belum sepenuhnya tuntas dan beberapa pertimbangan lainnya membuat pihaknya memutuskan untuk mengajukan permohonan tersebut.

"Dengan berbagai pertimbangan dan mengacu pada waktu pelaksanaan Popnas dan Peparpenas yang sudah dekat serta tidak memadainya peralatan dan Venue yang ada, dengan ini kami menyatakan bahwa kami belum siap menggelar Popnas XV dan Peparpenas IX tahun 2019," isi surat tersebut.

Dalam surat itu juga, Pemerintah Provinsi Papua secara resmi meminta kepada Kemenpora untuk menunjuk provinsi lain menjadi tuan rumah di dua event tersebut.

Sebelumnya, Popnas XV dan Peparpenas IX direncanakan akan digelar pada Oktober mendatang di Papua. Dua event tersebut sejatinya digelar untuk mengujicoba venue-venue yang akan digunakan pada PON XX dan Peparnas XVI tahun 2020 mendatang.

Popnas XV dan Peparpenas IX rencananya bakal disemarakkan oleh 5.000-an atlet dan ofisial dengan mempertandingkan sebanyak 20 cabang olahraga.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%