Terkuak! Seni Beladiri Muay Thai Ternyata dari Indonesia

Jumat, 4 Oktober 2019 04:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Ilustrasi Olahraga Muay Thai Copyright: © Getty Images
Ilustrasi Olahraga Muay Thai

INDOSPORT.COM – Seni beladiri olahraga Muay Thai telah merambah di Indonesia, khususnya oleh para selebriti dan influencer yang gemar memuat aktivitasnya berlatih muay thai di laman media sosial masing-masing.

Sebagaimana diketahui seni beladiri ini disebut-sebut berasal dari negara Thailand, bahkan kini ditetapkan sebagai seni beladiri nasional di Negeri Gajah Putih.

Namun, terdapat fakta mengejutkan yang sebelumnya disampaikan oleh Evi Silviadi, Wakil Ketua Umum Pengurus Provinsi Muay Thai Jawa Barat.

Evi Silviadi menjabarkan bahwa Muay Thai sejatinya berasal dari Indonesia, khususnya dari wilayah Jawa Barat, bahkan sudah ada sejak masa kerajaan.

“Muay Thai itu bagian dari kearifan lokal Indonesia, khususnya Sunda atau Jawa Barat. Kalau dibuktikan dalam sejarah, kekuasan Sunda itu sampai Madagaskar. Konsep Nusantara ini, dari Galuh, Galunggung, yang cucu-cucunya jadi Kerajaan Majapahit,” terangnya.

“Semula, muay thai di Indonesia bernama benjang atau gelut galuh di Jawa Barat. Tapi kemudian sengaja dihilangkan saat zaman penjajahan Belanda, lalu dimunculkan silat, yang asalnya dari kungfu tapi tekniknya dipotong-potong.”

Evi juga menambahkan bahwa seni beladiri benjang dikembangkan di zaman Raja Galuh, Campa, pada tahun 700-an. Kemudian, kesenian tersebut dibawa hingga ke Kerajaan Thai, Thailand, dan menjadi cikal bakal populernya olahraga muay thai saat ini.