Diisukan Jadi Menteri, Ini Sumbangsih Erick Thohir di Olahraga

Senin, 21 Oktober 2019 19:51 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© FIBA
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir kembali dipercaya menjadi anggota Central Board Federasi Bola Basket Internasional FIBA tahun 2019 - 2023 di Beijing, 29 Agustus 2019. Copyright: © FIBA
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir kembali dipercaya menjadi anggota Central Board Federasi Bola Basket Internasional FIBA tahun 2019 - 2023 di Beijing, 29 Agustus 2019.

INDOSPORT.COMErick Thohir dikabarkan masuk gerbong Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan akan menjabat sebagai menteri dalam Kabinet Kerja Jilid II periode 2019/2024.

Itu semakin terlihat jelas ketika Erick Thohir bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/19).

Nama Erick Thohir memang sudah diprediksi bakal masuk dalam Kabinet Kerja Jokowi. Dirinya digadang-gadang bakal menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

Hal itu tidak terlepas dari peran pentingnya dalam menggelar Asian Games 2018 lalu di Jakarta dan Palembang. Karena saat itu ia menjabat sebagai Ketua INASGOC.

Pria yang masih berusia 49 tahun tersebut memang sudah malang melintang di dunia olahraga. Ia pernah menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) 2014-2019.

Sebagai seorang pebisnis, dirinya berhasil membeli 15 persen saham klub NBA, Philadelphia 76ers sejak akhir 2011 lalu. Pada tahun berikutnya, Erick merambah ke dunia sepak bola.

Ia memiliki saham mayoritas klub kasta teratas sepak bola Amerika Serikat (MLS), DC United. Namanya semakin dikenal di dunia sepak bola saat membeli saham Inter Milan sebanyak 70 persen.

Selain dua klub luar negeri itu, pria yang lahir di Jakarta tersebut juga memiliki saham di salah satu klub ternama Liga 1 2019. Klub yang dimaksud adalah Persib Bandung.

Tak hanya basket dan sepak bola, Erick nyatanya juga pernah menjadi Komandan Kontingen Indonesia pada Olimpiade 2012 London.

Mungkin saja itu menjadi alasan mengapa Erick dipercaya sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada 2015-2019.

Namanya semakin melambung tinggi ketika dirinya berhasil menyelenggarakan Asian Games 2018 dengan sempurna. Berkat tangannya, Indonesia pun mendapatkan sejumlah pujian dari beberapa negara lain.

Ini menjadi sumbangsih terbesar Erick dalam dunia olahraga Indonesia. Keberhasilan itu juga sempat membuat publik meminta Erick untuk duduk di kursi tertinggi PSSI. Akan tetapi Erick masih belum memberikan respons positif.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%