In-depth

3 Perubahan Besar yang Bisa Diberikan AHY Jika Ditunjuk Jadi Menpora Baru

Selasa, 22 Oktober 2019 16:57 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© hipwee.com
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono sepertinya bisa memberikan beberapa perubahan besar, jika ke depannya ditunjuk jadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Copyright: © hipwee.com
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono sepertinya bisa memberikan beberapa perubahan besar, jika ke depannya ditunjuk jadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

INDOSPORT. COM - AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono sepertinya bisa memberikan beberapa perubahan besar, jika ke depannya ditunjuk jadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Nama Agus Harimurti Yudhoyono belakangan masuk ke dalam bursa menteri yang bakal dipercaya Presiden Indonesia, Joko Widodo, untuk periode pemerintahan 2019-2024. Isu mengarahkan bahwa AHY akan diberi kepercayaan mengisi jabatan Menpora.

Kalau dilihat secara garis besar, AHY memang belum memiliki rekam jejak mentereng di bidang olahraga. AHY lebih dikenal sebagai politisi dengan latar belakang militer.

Meski demikian, bukan berarti AHY tak layak untuk jadi Menpora. Segala kapabilitas yang dimilikinya kini, mungkin saja memberikan perubahan besar bagi jagat olahraga Indonesia.

Lalu, apa sajakah perubahan besar yang mungkin dibawa oleh AHY jika ditunjuk jadi Menpora? Berikut redaksi berita olahraga NDOSPORT coba buatkan rangkumannya.

Kedisiplinan Tinggi

Disiplin jadi salah satu kunci untuk menggapai kesuksesan. Kebetulan, sifat disiplin tersebut sudah mengalir secara alami ke dalam tubuh AHY.

Seperti yang kita ketahui bersama, AHY memiliki latar belakang militer yang kental dengan budaya disiplin. Apalagi sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono, juga punya pengalaman militer, sehingga sifat disiplin tentu ditularkan kepada anaknya sejak dini.

Andai jadi Menpora, AHY mungkin bakal menerapkan budaya disiplin secara ketat kepada para atlet. Hal ini diyakini akan berdampak baik, dan berpotensi menghasilkan prestasi yang lebih berkilau bagi olahraga Indonesia.

Perhatian Kepada Basket

Kental akan budaya militer, AHY tetap memiliki kecintaan terhadap olahraga. Buktinya saja, AHY beberapa kali membagikan momen saat bermain basket ke akun Instagram pribadinya.

Andai jadi Menpora, AHY mungkin akan memberikan perhatian lebih kepada olahraga basket Indonesia. Hal ini jelas berdampak baik, dan berpotensi meningkatkan prestasi Merah Putih di kancah basket internasional.

Tak usah jauh-jauh mengalahkan Amerika Serikat yang terkenal dengan kompetisi NBA-nya. Minimal kebijakan AHY sebagai Menpora harus bisa membawa Indonesia bersaing melawan raja basket Asia Tenggara, Filipina.

Kekuatan Fisik Atlet

Memiliki latar belakang militer, AHY tentu pernah ditempa latihan fisik yang sangat ketat. Maklum saja, kekuatan fisik jadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh seorang tentara.

Hal itu mungkin bisa ditularkannya secara ketat andai ditunjuk jadi Menpora. AHY bisa saja membuat kebijakan yang akan meningkatkan kualitas kekuatan fisik para atlet Indonesia.

Jika terlaksana dengan baik, peningkatan pada kekuatan fisik atlet nasional, jelas bakal beriringan dengan capaian prestasinya. Tinggal ditunggu saja, apakah AHY benar ke depannya bakal jadi Menpora kabinet Jokowi?