Dari Liga 1 Hingga Serie A, 10 Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf yang Punya Kedekatan Dengan Olahraga

Rabu, 23 Oktober 2019 15:46 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf ternyata dihiasi oleh sejumlah menteri yang dekat dengan dunia olahraga, mulai dari Liga 1 hingga Serie A Italia. Copyright: © ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf ternyata dihiasi oleh sejumlah menteri yang dekat dengan dunia olahraga, mulai dari Liga 1 hingga Serie A Italia.

INDOSPORT. COM - Kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf ternyata dihiasi oleh sejumlah menteri yang dekat dengan dunia olahraga, mulai dari Liga 1 hingga Serie A Italia.

Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, pada hari Rabu (23/10/19) mengumumkan nama-nama menteri yang masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju. Pengumuman digelar Jokowi sambil duduk lesehan di depan Istana Negara, Jakarta.

Susunan kabinet diisi oleh campuran antara sosok lama dan wajah-wajah baru. Para menteri yang terpilih diharapkan bisa bertanggung jawab dan memberikan kemajuan bagi Indonesia.

Berikut nama menteri kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin Indonesia Maju 2019-2024.

1. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan: Mohammad Mahfud

2. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian: Airlangga Hartarto

3. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Muhajir Effendy

4. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi: Luhut Binsar Panjaitan

5. Menteri Pertahanan: Prabowo Subianto

6. Menteri Sekretaris Negara: Pratikno

7. Menteri Dalam Negeri: Tito Karnavian

8. Menteri Luar Negeri: Retno Lestari Marsudi

9. Menteri Agama: Fachrul Razi

10. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia: Yasonna Laoly

11. Menteri Keuangan: Sri Mulyani Indrawati

12. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Nadiem Makarim

13. Menteri Kesehatan: dokter Terawan

14. Menteri Sosial: Juliari Batubara

15. Menteri Ketenagakerjaan: Ida Fauziah

16. Menteri Perindustrian: Agus Gumiwang Kartasasmita

17. Menteri Perdagangan: Agus Suparmanto

18. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral: Arifin Tasrif

19. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat: Basuki Hadimuljono

20. Menteri Perhubungan: Budi Karya

21. Menteri Komunikasi dan Informatika: Johnny G. Plate

22. Menteri Pertanian: Syahrul Yasin Limpo

23. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Siti Nurbaya

24. Menteri Kelautan dan Perikanan: Edhy Prabowo

25. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi: Abdul Halim Iskandar

26. Menteri Agraria, Tata Ruang, dan Kehutanan: Sofjan Jalil

27. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kepala Bappenas: Suharso Monoarfa

28. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: Tjahjo Kumolo

29. Menteri BUMN: Erick Thohir

30. Menteri Koperasi dan UKM: Teten Masduki

31. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama

32. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak: Gusti Ayu Bintang Darmavati

33. Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional: Bambang Brodjonegoro

34. Menteri Pemuda dan Olahraga: Zainudin Amali

35. Kepala Staf Kepresidenan: Moeldoko

36. Sekretaris Kabinet: Pramono Anung

37. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal: Bahlil Lahadalia

38. Jaksa Agung: ST Burhanuddin

Kalau ditelusuri lebih jauh, sejumlah menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf ternyata memiliki kedekatan dengan dunia olahraga. Bahkan ada yang pernah terlibat dalam kompetisi sepak bola Liga 1 Indonesia, hingga Serie A Italia.

Lalu, siapa sajakah para menteri yang memiliki kedekatan dengan olahraga itu? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

- Arifin Tasrif (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral)

© www.portonews.com
Arifin Tasrif (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral) Copyright: www.portonews.comArifin Tasrif (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral)

Nama Arifin Tasrif masuk ke dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Dirinya terpilih sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sosok Arifin Tasrif ternyata memiliki kedekatan dengan dunia olahrga. Khususnya kepada cabang olahraga sepak bola, Arifin Tasrif pernah terlibat langsung.

Arifin Tasrif sekitar tahun 2000-an silam, sempat menjadi petinggi dari perusahaan Pupuk Kaltim. Oleh karena Pupuk Kaltim merupakan perusahaan yang mengelola klub PS PKT Bontang, Arifin Tasrif pun jelas ikut terlibat ke dalam urusan sepak bola.

- Agus Suparmanto (Menteri Perdagangan)

© ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Agus Suparmanto (Menteri Perdagangan) Copyright: ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARIAgus Suparmanto (Menteri Perdagangan)

Agus Suparmanto masuk ke dalam jajaran kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Ia dipercaya untuk mengemban jabatan Menteri Perdagangan.

Kalau ditelusuri lebih jauh, Agus Suparmanto ternyata memiliki latar belakang olahraga. Nama Agus Suparmanto diketahui juga menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) 2018-2022.

- Edhy Prabowo (Menteri Kelautan dan Perikanan)

© headtopics.com
Edhy Prabowo (Menteri Kelautan dan Perikanan) Copyright: headtopics.comEdhy Prabowo (Menteri Kelautan dan Perikanan)

Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Jokowi-Ma'ruf diisi oleh nama Edhy Prabowo. Politisi partai Gerindra ini dipercaya mengemban jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Kalau ditelusuri lebih jauh, sosok Edhy dahulu pernah terlibat aktif di dunia olahraga. Ia sempat menjadi atlet pencak silat nasional dan pernah berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).


- Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian)

© JP/Donny Fernando
Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian) Copyright: JP/Donny FernandoSyahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian)

Syahrul Yasin Limpo dipercaya menjabat sebagai Menteri Pertanian dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'Ruf. Jika ditelusuri, sosok Syahrul Yasin Limpo ternyata memiliki kedekatan pula dengan olahraga.

Syahrul Yasin Limpo pernah terlibat dalam cabang olahraga karate. Buktinya Ia sempat menjadi Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia Sulawesi Selatan (FORKI Sulsel) periode 2004-2008.

- Basuki Hadimuljono (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)

© http://daulat.co
Basuki Hadimuljono (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Copyright: http://daulat.coBasuki Hadimuljono (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)

Basuki Hadimuljono dipercaya menjadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Bila ditelusuri, sosok Basuki ternyata punya kedekatan dengan jagat olahraga.

Sosok Basuki pernah menduduki jabatan Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) periode 2016-2020. Basuki juga sempat didaulat sebagai Ketua Umum Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) untuk masa jabatan 2015-2019.


- I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

© Kevin S. Kurnianto/kumparan
I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Copyright: Kevin S. Kurnianto/kumparanI Gusti Ayu Bintang Darmawati (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

I Gusti Ayu Bintang Darmawati terpilih menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Terlepas dari jabatannya sekarang, I Gusti Ayu Bintang Darmawati ternyata punya kedekatan dengan olahraga.

Sosok I Gusti Ayu Bintang Darmawati merupakan sosok menteri yang jago bermain tenis meja. Ia pernah memenangkan Kejuaraan Tenis Meja PB Perwosi 2010.

Tak hanya itu saja, I Gusti Ayu Bintang Darmawati sempat pula dipercaya menjabat sebagai Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Bali periode 2015-2019.


- Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan)

© ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan) Copyright: ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO APrabowo Subianto (Menteri Pertahanan)

Satu nama kejutan menghiasi susunan kabinet Jokowi-Ma'ruf. Probowo Subianto yang merupakan rival Jokowi di Pemilihan Presiden, masuk dan menjabat Menteri Pertahanan.

Sosok Prabowo sendiri terkenal memiliki kedekatan dengan olahraga pencak silat. Prabowo pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) untuk periode 2016-2020.


- Juliari Batubara (Menteri Sosial)

© GATRA/Eva Agriana Ali/ar
Juliari Batubara (Menteri Sosial) Copyright: GATRA/Eva Agriana Ali/arJuliari Batubara (Menteri Sosial)

Mengisi posisi Menteri Sosial dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf, sosok Juliari Batubara ternyata punya kedekatan dengan olahraga. Sosok Juliari diketahui aktif dalam dunia otomotif.

Buktinya saja, Juliari pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk masa jabatan 2003-2011.

- Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan)

© ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) Copyright: ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO ANadiem Makarim (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan)

Sosok Nadiem Makarim dipercaya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jika ditelusuri lebih jauh, Nadiem Makarim dahulu pernah terlibat dalam ranah olahraga.

Sebelum menjadi menteri, Nadiem Makarim merupakan seorang CEO dari perusahaan ojek online, Gojek. Kebetulan, selama Nadiem memimpin, Gojek pernah hadir sebagai sponsor resmi kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1, musim 2017 dan 2018.


- Erick Thohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara)

© ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Erick Thohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara) Copyright: ANTARA FOTO/Wahyu Putro AErick Thohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara)

Menteri Badan Usaha Milik Negara yang baru, Erick Thohir, sudah lebih dulu terkenal sebagai sosok aktif di ranah olahraga. Bahkan Erick Thohir pernah memiliki saham mayoritas dari salah satu klub raksasa Serie A Italia, Inter Milan.

Kalau ditelusuri, masih ada banyak lagi pengalaman kedekatan Erick Thohir dengan olahraga, di antaranya, pemilik klub NBA Philadelphia 76ers, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) 2015-2019, pemilik klub basket Satria Muda, dan lain sebagainya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%