Komunitas Sehat

4 Olahraga Mudah Agar Punya Paru-paru Sehat

Jumat, 8 November 2019 15:24 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Shutterstock/bikeriderlondon
Ilustrasi Renang Copyright: © Shutterstock/bikeriderlondon
Ilustrasi Renang

INDOSPORT.COM -  Tahukah kamu bahwa kita rata-rata bernapas 12-18 kali setiap menitnya? Itu artinya, dalam satu hari, kita akan bernapas sebanyak 17.280 kali. Meskipun kelihatannya banyak dan mudah, proses pernapasan yang ada di dalam tubuh kita prosesnya tidak mudah. Ada banyak organ yang berperan dan membantu proses pernapasan.

Setiap oksigen yang masuk akan melalui sistem pernapasan, berawal dari hidung, tenggorokan, trakea, dan paru-paru. Nantinya oksigen dari napas ini akan dialirkan ke seluruh pembuluh darah, lalu masuk ke masing-masing sel tubuh.

Oksigen yang dihirup akan masuk ke pembuluh darah dan dialirkan ke seluruh sel tubuh untuk dijadikan bahan bakar metabolisme.

Inilah kenapa paru-paru menjadi organ yang sangat penting karena fungsinya yang sangat mendasar bagi kehidupan manusia.

Sayangnya, karena paru-paru mempunyai hubungan dengan dunia luar yang tersambung dengan saluran pernapasan, risiko penyakit dan bahaya dari luar membuat kesehatannya terancam.

Dilansir dari Halodoc, berikut empat tips olahraga yang tepat agar paru-paru tetap sehat, dan menjadi aktivitas rutin yang menyenangkan. 

Berenang

Berenang dapat meningkatkan volume darah, sehingga lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam paru-paru dan otot serta lebih efisien dalam pelepasan karbon dioksida.

Gerakan tubuh saat berenang yang membuat dada, bahu, pundak, dan perut bergerak juga akan memperlancar sirkulasi udara dalam tubuh.

Gerakan ini mengurangi beban sirkulasi udara di paru-paru, yang kemudian tentu meringankan pula kerja paru-paru sebagai organ pernapasan.

Berada pada posisi horizontal saat berenang akan membantu mengeluarkan lendir yang terdapat pada paru-paru. Latihan irama pernapasan yang teratur pada saat berenang sangat baik untuk Lakukan latihan tiga kali seminggu selama 1 – 2 jam.

Berjalan Kaki

© ISTOCK/MILAN ZEREMSKI
Ilustrasi jalan. Copyright: ISTOCK/MILAN ZEREMSKIIlustrasi jalan.

Dengan berjalan kaki kurang lebih 60 menit dalam sehari akan membantu memperlancar sirkulasi, dan bisa meningkatkan kapasitas pernapasan. Disamping itu aktivitas fisik ini juga bisa membantu memberikan energi untuk tubuh dan memperkuat paru-paru.

Latihan Pernapasan

Ada berbagai macam  latihan pernapasan. Salah satunya latihan pernapasan diafragma latihan ini melibatkan diafragma bagian perut dan sangat bagus untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. Cara melatihnya dimulai dengan duduk sambil bersandar dan letakkan satu tangan di perut dan lainnya di dada.

Tarik napas melalui hidung selama dua detik, dan rasakan udara membuat perut mengembang.

Patut diingat bahwa perut harus lebih membusung daripada dada. Lalu hembuskan napas selama dua detik secara perlahan lewat bibir yang terbuka kecil.

Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali. dengan berbagai tujuan, misalnya untuk meningkatkan kesehatan paru-paru hingga menghilangkan stres.  

Yoga

© Frank Bienewald/LightRocket via Getty Images
Pose yoga cat. Copyright: Frank Bienewald/LightRocket via Getty ImagesSalah satu olahraga untuk menyehatkan paru-paru adalah Yoga.

Manfaat yoga untuk melepaskan racun dari otot dan organ. Pasalnya yoga dapat memberikan efek tenang dan memperlancar kerja jantung maupun paru-paru dalam memompa darah.

Yoga tidak kalah dengan olahraga lainnya, selain dapat membentuk tubuh, yoga juga dapat membuat terhindar dari berbagai penyakit lain atau komplikasi yang ditimbulkan oleh berbagai penyakit.

Penulis: Kurnia Sandi

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%