Profil Negara SEA Games 2019: Filipina

Kamis, 21 November 2019 12:43 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Indosport.com
Profil negara peserta SEA Games 2019, Filipina. Copyright: © Grafis: Indosport.com
Profil negara peserta SEA Games 2019, Filipina.

INDOSPORT.COM - Filipina menjadi peserta sekaligus tuan rumah SEA Games 2019. Berikut profil negara peserta SEA Games 2019, Filipina. 

Pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara atau SEA Games ke-30, akan berlangsung pada 30 November hingga 11 Desember 2019 mendatang. 

Sebanyak 11 negara akan mengikuti ajang dua tahunan ini. Filipina, untuk yang ke-4 kalinya dipercaya menjadi tuan rumah SEA Games. 

Sebagai tuan rumah, Filipina akan menjadi kontingen terbesar. Kontingen Filipina sendiri terdiri dari 1.115 atlet serta 753 pelatih dan ofisial. 

Dengan jumlah atlet terbanyak sekaligus sebagai tuan rumah, target Filipina tentu adalah menyamai prestasi mereka pada SEA Games 2005. 

Saat menjadi tuan rumah SEA Games 2005, Filipina untuk pertama kalinya menjadi juara umum pada pesta olahraga yang sudah digelar sejak tahun 1959 ini.  

Filipina ketika itu meraih 113 medali emas, 84 medali perak, dan 94 medali perunggu. Tentunya Filipina sebagai tuan rumah akan menjadi pesaing bagi Indonesia dan Thailand untuk merebut posisi juara umum. 

Kota Clark, Subic, dan Metro Manila akan menjadi kota-kota penyelenggara yang disiapkan Filipina, serta berbagai venue untuk menggelar SEA Games 2019. 

Cabang Olahraga Unggulan

© sumbar.antaranews.com
Timnas Basket Filipina. Copyright: sumbar.antaranews.comTimnas Basket Filipina.

Satu cabang olahraga yang konsisten memberikan medali emas bagi Filipina di banyak perhelatan SEA Games adalah basket. Terutama untuk Timnas Basket Putra Filipina atau yang dijuluki, Gilas. 

Timnas Basket Filipina, dari 19 kali cabang olahraga basket dipertandingkan di SEA Games, 17 medali emas diantaranya diraih oleh Gilas. 

Sejak terakhir kali kecolongan di tangan Malaysia pada tahun 1989, Filipina selalu dominan dan merebut medali emas selama 12 kali SEA Games berturut-turut

Di kalangan pencinta basket Asia Tenggara, muncul ungkapan bahwa emas cabor basket sudah pasti akan diambil Filipina, sedangkan negara lain hanya akan bersaing untuk meraih medali perak. 

Timnas Basket Indonesia sendiri sudah 4 kali menghadapi Filipina di final SEA Games, namun selalu gagal memenangkan pertandingan dan harus puas dengan medali perak saja. 

Timnas Basket Filipina sendiri terdiri di SEA Games 2019 sendiri akan dipimpin oleh pelatih Tim Cone asal Amerika yang sudah malang melintang di Filipina serta meraih berbagai gelar di level klub.

Tim Cone akan mengasuh roster yang terdiri dari pemain-pemain profesional di Liga Basket Filipina (PBA). Beberapa pemain ini adalah pemain keturunan seperti Marcio Lassiter, Stanley Pringle, Christopher Ross (Filipina-Amerika). 

Serta tak ketinggalan pemain keturunan Jerman-Filipina, Christian Standhardinger. Christian Standhardinger yang memiliki tinggi 206cm merupakan salah satu andalan Filipina saat mengalahkan Timnas Basket Indonesia di final SEA Games 2017. 

Atlet Unggulan 

© wikipedia.org
Petinju Filipina, Eumir Felix Marcial. Copyright: wikipedia.orgPetinju Filipina, Eumir Felix Marcial.

Selain basket, salah satu olahraga yang populer di Filipina adalah tinju. Apalagi Filipina punya petinju legenda seperti Manny Pacquiao. 

Di SEA Games 2019, tinju juga menjadi salah satu cabor yang bisa meraih medali emas. Eumir Felix Marcial merupakan salah satu andalan Filipina saat ini. 

Eumir Felix Marcial merupakan peraih medali emas kelas berat SEA Games 2015 lalu. Lalu pada Kejuaraan Dunia Tinju AIBA 2019 lalu di Rusia, Marcial meraih medali perak. 

Petinju berusia 23 tahun dengan total kemenangan 33 kali dan kalah 12 kali ini akan menjadi andalan Filipina untuk meraih medali di perhelatan SEA Games 2019. 

1