Resmi Lepas Atlet ke SEA Games 2019, Menpora Tunjuk Timnas U-23 sebagai Inspirasi

Rabu, 27 November 2019 16:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali menjadi inspektur upacara pada acara pelepasan Kontingen SEA Games Indonesia 2019 di Hall A Basket GBK, Senayan, Rabu (27/11/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali menjadi inspektur upacara pada acara pelepasan Kontingen SEA Games Indonesia 2019 di Hall A Basket GBK, Senayan, Rabu (27/11/19).

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali,  secara resmi mengukuhkan dan melepas kontingen Indonesia untuk berangkat menuju SEA Games 2019 di Manila, Filipina, Rabu (27/11/19). 

Dalam kesempatan itu, Menpora berharap para atlet bisa mengharumkan nama bangsa dan negara melalui torehan prestasi. Menariknya, Zainudin sempat menyingung kemenangan timnas Indonesia U-23 atas Thailand dengan skor 2-0 di laga perdana Grup B. 

Rupanya, Zainudin Amali ingin para atlet Indonesia bekerja keras dan pantang menyerah seperti halnya anak asuh Indra Sjafri meski menghadapi lawan yang kuat.

"Kami baru saja mengukuhkan kontingen Indonesia yang akan berangkat ke Filipina. Yang kami kukuhkan ini adalah kontingen yang belum berangkat, tapi sebagian sudah berada di Filipina, contohnya cabang menembak, sepak bola, berkuda, sepeda, dan beberapa cabor lain," ucap Zainudin.

"Sebagaimana diketahui, cabang olahraga sepak bola sudah dimulai dan Alhamdulillah berkat dukungan, doa dari seluruh mayarakat Indonesia, timnas Indonesia bisa mengalahkan Thailand dua gol tanpa balas," kata politisi Partai Golkar tersebut. 

"Kami berharap kemenangan timnas Indonesia U-23 bisa menjadi energi positif sekaligus menambah semangat dari semua tim yang akan bertanding di SEA Games 2019 di Filipina," sambungnya.

Lebih lanjut, Menpora meminta semua masyarakat Tanah Air mendoakan para atlet yang berangkat ke SEA Games 2019. Apalagi pada kejuaraan kali ini, Indonesia hanya ditargetkan meraih 45 medali emas atau melampaui catatan di edisi sebelumnya di Malaysia.

"Hal penting juga, kami minta kepada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada untuk mendoakan agar atlet kita beprestasi, memperoleh hasil yang maksimal. Tentu Indonesia akan memperbaiki perolehan dari apa SEA Games terakhir di Kuala Lumpur," ucapnya.

Pada SEA Games 2019, Indonesia mengirim sekitar 800-an atlet yang akan berpartisipasi dalam 51 cabang olahraga selama dua pekan ke depan, 30 November-11 Desember.